Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Wabah Ebola Kembali Muncul Di Kongo

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/amelia-fitriani-1'>AMELIA FITRIANI</a>
LAPORAN: AMELIA FITRIANI
  • Rabu, 09 Mei 2018, 11:27 WIB
Wabah Ebola Kembali Muncul Di Kongo
Ilustrasi/Net
rmol news logo Wabah Ebola kembali dinyatakan muncul di wilayah barat laut Republik Demokratik Kongo.

Kementerian Kesehatan negara tersebut mengeluarkan pernyataan yang menyebut bahwa ada dua kasus yang dikonfirmasi dan 12 kematian yang terjadi akibat Ebola di kota Bikoro.

Sementara itu Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mendeklarasi perjangkitan itu dibuat setelah hasil laboratorium mengkonfirmasi dua kasus Ebola dari sampel lima pasien yang dicurigai.

"Prioritas utama kami adalah untuk pergi ke Bikoro untuk bekerja berdampingan dengan pemerintah," kata Peter Salama dari WHO dalam sebuah pernyataan.

"Bekerja dengan mitra dan menanggapi secara dini dan dengan cara terkoordinasi akan menjadi vital untuk mengandung penyakit mematikan ini,' sambungnya.

WHO sendiri telah merilis USD 1 juta dana darurat dan telah menempatkan lebih dari 50 ahli untuk bekerja dengan para pejabat di negara tersebut.

Ini adalah kesembilan kalinya wabah Ebola telah tercatat di DR Kongo. Virus ini pertama kali ditemukan di sana pada tahun 1976 ketika negara itu dikenal sebagai Zaire.

Ebola diperkirakan menyebar jarak jauh oleh kelelawar buah dan sering ditularkan ke manusia melalui daging buruan yang terkontaminasi. [mel]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA