Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ini Alasan Singapura Dipilih Jadi Lokasi KTT Donald Trump-Kim Jong Un

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/amelia-fitriani-1'>AMELIA FITRIANI</a>
LAPORAN: AMELIA FITRIANI
  • Jumat, 11 Mei 2018, 09:48 WIB
Ini Alasan Singapura Dipilih Jadi Lokasi KTT Donald Trump-Kim Jong Un
Trump dan Kim/Net
rmol news logo Presiden Amerika Serikat Donald Trump dipastikan akan bertemu dengan Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un di Singapura pada 12 Juni mendatang.

"Pertemuan yang sangat diantisipasi antara Kim Jong Un dan saya sendiri akan berlangsung di Singapura pada 12 Juni," tulis Trump di akun Twitternya pada Rabu (10/5).

"Kami berdua akan mencoba menjadikannya momen yang sangat spesial untuk Perdamaian Dunia," sambungnya seperti dimuat CNN.

KTT ini akan menjadi sejarah di mana pimpinan Korea Utara dan Amerika Serikat duduk bersama dalam satu meja perundingan.

Dipilihnya Singapura sebagai lokasi pertemuan telah melalui serangkaian pertimbangan matang dari para pejabat di Washington dan juga Pyongyang.

Sebelumnya sempat ada pertimbangan untuk melakukan pertemuan di zona demiliterisasi Korea atau di Mongolia, tetapi pilihan akhir jatuh ke Singapura.

Singapura sendiri sebenarnya adalah pilihan utama awal di antara para pejabat tinggi pemerintahan, termasuk Menteri Luar Negeri Mike Pompeo dan kepala staf Gedung Putih John Kelly, yang sejak awal mengakui bahwa lokasi KTT akan memainkan peran besar dalam bagaimana pembicaraan itu dilihat di seluruh dunia.

Perhatian utama mereka adalah kenetralan negara, baik dalam lokasi politik.

Pemilihan lokasi sendiri diumumkan setelah Pompeo melakukan negosiasi di Pyongyang dan tiga orang warga Amerika Serikat yang ditahan Korea Utara dibebaskan. [mel]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA