Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Sibuk Urusan Dalam Negeri, Mahathir Mohamad Sulit Kendalikan ASEAN

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/soraya-novika-1'>SORAYA NOVIKA</a>
LAPORAN: SORAYA NOVIKA
  • Sabtu, 12 Mei 2018, 14:34 WIB
Sibuk Urusan Dalam Negeri, Mahathir Mohamad Sulit Kendalikan ASEAN
Foto: RMOL
rmol news logo Kemunculan kembali Mahathir Mohamad di kursi Perdana Menteri Malaysia tidak berarti bahwa Malaysia akan bisa kuat dalam mengendalikan ASEAN secara menyeluruh.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

"Mahathir tidak mungkin mampu lagi mengendalikan ASEAN, apalagi situasi di dalam negerinya seperti ini, membereskan korupsi yang sangat luar biasa, saya pikir pekerjaan Malaysia saat ini cukup berat," kata Pengamat Politik Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Adriana Elizabeth Diskusi Perspektif Indonesia di Resto Gado-Gado Boplo, Menteng, Jakarta, Sabtu (12/5).

Bukan hanya sibuk dengan urusan dalam negeri, faktor lain yang juga menurutnya sulit membuat Mahathir mengendalikan ASEAN juga adalah faktor usia.

Mahathir yang kini berusia 92 tahun dan merupakan pemimpin negara tertua yang terpilih di dunia dinilai tidak lagi bisa menghadirkan ide-ide segar untuk ASEAN yang semakin berkembang dan dinamis.

"Mahathir kan sudah semakin tua, tidak mungkin lagi dia punya fresh idea, saya pikir generasi mudah lebih memiliki fresh idea untuk membawa Malaysia ke arah lebih baik, jadi kalau dalam ASEAN saya pikir dinamika yang terjadi di domestiknya masih mendominasi ASEAN, sehingga ASEAN ini juga kelihatan seperti tidak tau mau kemana," demikian Adriana. [mel]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA