Selamat Idul Fitri
Selamat Idul Fitri Mobile
Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Demi Kualitas Pemilu Kamboja, Jubir CPP Undang Observer Dari Indonesia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/widian-vebriyanto-1'>WIDIAN VEBRIYANTO</a>
LAPORAN: WIDIAN VEBRIYANTO
  • Minggu, 10 Juni 2018, 05:26 WIB
Demi Kualitas Pemilu Kamboja, Jubir CPP Undang Observer Dari Indonesia
Yara Suos (tengah)/Net
rmol news logo Demokrasi di Indonesia merupakan model yang dianut dalam penyelenggaraan pemilu di Kamboja yang akan digelar pada bulan depan.

Begitu kata Jurubicara Partai Rakyat Kamboja (CPP), Yara Suos dalam jumpa pers di Hotel Sari Pan Pacific, Jakarta, Sabtu (9/6).

Menurutnya, demokrasi di Indonesia telah menginspirasi banyak negara di Asia Tenggara. Sementara kamboja juga telah belajar banyak dari perkembangan dan kemajuan demokrasi Indonesia.

Yara berharap dalam Pemilu yang digelar pada 29 Juli mendatang, ada dukungan dari pemerintah Indonesia dengan melakukan pemantauan pemilu di sana.

“Salah satu upaya membangun dan menyelenggarakan pemilu yang jujur, Kamboja berharap perwakilan dari Indonesia menghadiri pemilu di Kamboja untuk meniai kualitas pemilu,” ujar Yara.

Selama berkunjung di Indonesia, Yara terus berupaya untuk mengundang perwakilan observer pemilu dari Indonesia demi memonitor pelaksanaan pemilu. Dia telah bertemu dengan sejumlah elit partai di Indonesia, mulai dari Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto hingga Wakil Presiden Jusuf Kalla.

"Kami telah menemui Ketua Umum Partai Golkar Airlangga, untuk bertukar pikiran membahas masalah demokrasi di Indonesia," ungkap Yara.

Sementara dalam pertemuan dengan Wakil Presiden Jusuf Kalla, Yara mengaku bahwa JK mendukung penuh proses demokrasi di Kamboja.

"Pak JK mendukung proses demokrasi di Kamboja. Dan berharap supaya pemilunya berjalan dengan lancar," tutur Yara.

Lebih lanjut, dia memastikan bahwa Kamboja merupakan negara yang menjunjung tinggi demokrasi dan tidak seperti persepsi yang berkembang di masyarakat Indonesia.

“Selama ini pemilu yang diselenggarakan di Kamboja berjalan dengan sukses dan demokratis, sesuai dengan aturan yang berlaku,” tukasnya. [ian]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA