Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Mbak Rachma Minta Indonesia Belajar Berdikari Dari Maroko

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Selasa, 31 Juli 2018, 11:58 WIB
Mbak Rachma Minta Indonesia Belajar Berdikari Dari Maroko
Rachmawati Soekarnoputri/RMOL
rmol news logo Tokoh nasional, Rachmawati Soekarnoputri mengimbau agar Indonesia terus meningkatkan hubungan kerjasama dengan Maroko. Sebab Negeri Maghrib itu merupakan negara yang cukup diperhitungkan di dunia, khususnya di benua Afrika.

Imbauan itu disampaikan Rachmawati kepada Kantor Berita Politik RMOL di sela acara peringatan 19 tahun penobatan Raja Muhammad VI yang digelar Kedutaan Besar Maroko di Hotel Oriental Mandarin, Jakarta, Senin (30/7) malam.

"Saya kira Indonesia dan Maroko harus selalu ditingkatkan karena Maroko cukup punya peran besar di Jazirah Afrika, kita sudah lama mendengar Maroko itu mendapat simpati di dunia," ujarnya.

Salah satu yang digarisbawahi Rachma adalah kerja sama di bidang energi. Menurutnya, sumber energi harus terus dipelihara karena menjadi masalah yang krusial.

"Kita banyak melihat belahan dunia manapun, persoalan yang menjadi crucial point yang terjadi ada konflik dalam merebutkan masalah energi. Dalam situasi global, hubungan kerjasama energi harus dipelihara, sebab energi sangat menentukan sekarang ini," paparnya.

Lebih lanjut, pendiri Yayasan Pendidikan Sukarno ini meminta agar Indonesia terus belajar dari Maroko dalam menjaga stabilitas ekonomi. Sebab, Maroko terbilang cukup berhasil dalam menerapkan konsep Trisakti Bung Karno, berdiri di atas kaki sendiri atau berdikari.

"Indonesia harus belajar dari Maroko, sebab Maroko cukup berdikari dibanding Indonesia sekarang," tandas wanita yang akrab disapa Mbak Rachma. [ian]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA