Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tingkatkan Generasi Cerdas, UE-ASEAN Teken Kerja Sama Pendidikan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Kamis, 09 Agustus 2018, 14:58 WIB
Tingkatkan Generasi Cerdas, UE-ASEAN Teken Kerja Sama Pendidikan
Foto/RMOL
rmol news logo Sekretaris Jenderal ASEAN Dato Lim Jock Hoi bersama Dubes Uni Eropa untuk ASEAN Francisco Fontan meresmikan kerja sama dan beasiswa dalam rangka HUT ke-51 ASEAN, Rabu (8/8).

Kerja sama juga ditandai dengan peluncuran Blue Book UE-ASEAN edisi ketiga yang membahas hubungan serta pembangunan ASEAN, UE dan negara-negara anggota ASEAN.

Beasiswa ASEAN-UE juga dijalin guna meningkatkan kesadaran akan kerja sama pembangunan negara-negara ASEAN di bidang pendidikan.

"Mendidik orang-orang muda, terutama melalui beasiswa memberi mereka paparan perspektif global dan melengkapi mereka untuk menghadapi tantangan masa depan dengan lebih baik. Terutama dalam menjembatani masalah ekonomi, politik dan sosial-budaya yang berkaitan dengan ASEAN, Uni Eropa dan seluruh dunia," jelas Dato Lim di Kantor Sekretariat ASEAN, Jakarta.

Kerja sama juga untuk berkontribusi membina pikiran anak muda agar lebih percaya diri, cerdas, dan menggali bakat. Diharapkan berpotensi menarik investasi asing yang akan mendorong pertumbuhan ekonomi regional.

"Kami berharap mencapai lima persen tahun ini di seluruh ASEAN," kata Dato Lim.

Francisco Fontan menambahkan, UE dan ASEAN merupakan perpaduan proyek integrasi regional yang paling maju di dunia.

"Kita memiliki kesempatan yang luar biasa, menyatukan orang-orang muda dan komunitas akademis. Kita juga bisa lihat banyak inisiatif yang mengesankan dari kerja sama UE dengan ASEAN, mulai dari dukungan untuk integrasi ekonomi regional untuk pendidikan tinggi dan mobilitas siswa untuk ASEAN. Saya yakin upaya kami akan berkontribusi pada kemitraan yang semakin kuat antara Indonesia dua wilayah," papar Fontan.

Sebelumnya, program ASEAN juga dilakukan melalui ASEAN Region (SAHAM) yang sudah memberikan lebih dari 500 beasiswa kepada siswa di negara-negara ASEAN. Dan ada juga tambahan program beasiswa yang lain, seperti ASEAN International Mobility for Students (AIMS), ASEAN University Network (AUN) dan ASEAN Credit Transfer System (ACTS).

Selain itu, UE dan negara-negara anggota memberikan dukungan bagi siswa ASEAN untuk memanfaatkan peluang belajar di Eropa, misalnya melalui Erasmus, lebih dari 4000 siswa ASEAN melakukan perjalanan ke Eropa dengan beasiswa yang didanai UE dan negara-negara anggota ASEAN setiap tahun. [wah]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA