Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Sambut HUT RI, Karya Seni Mural Hiasi Tembok KBRI Seoul

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Kamis, 16 Agustus 2018, 02:10 WIB
Sambut HUT RI, Karya Seni Mural Hiasi Tembok KBRI Seoul
rmol news logo . Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Seoul, Korea Selatan (Korsel) mempersembahkan karya seni mural untuk masyarakat Indonesia di Korsel yang akan hadir dalam upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-73 RI.

Seni mural yang terpampang disepanjang tembok KBRI Seoul hingga Wisma Duta merupakan karya dua orang seniman mural asal tanah air yaitu Rio Afrianto dan Ahmad Thantawi yang mengenyam pendidikan desain komunikasi visual di Korsel.

Selama satu bulan kedua seniman ini berhasil mengerjakan 17 gambar  seni muralnya, beberapa karya menampilkan ikon Indonesia dan Korsel seperti Monas, Namsan Tower, Jam Gadang, Gyeongbokgung, Tanah Lot serta dua gambar promosi Asian Games 2018.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi berkesempatan meresmikan mural KBRI Seoul dalam kunjungannya ke Korsel pada 26 Juli 2018 lalu.

"Saya tak menyangka karya mural kami akan diresmikan oleh Menteri Luar Negeri dan Duta Besar RI," ujar Rio sang muralis melalui keterangan tertulis KBRI Seoul yang diterima Kantor Berita Politik, RMOL, Rabu (15/8).

Dari hasil karyanya tersebut, Rio merasa bangga dan berharap dapat memotivasi seniman-seniman di Indonesia untuk lebih memperluas jejaring sehingga dapat berkarya di luar negeri.

"Pastinya hal ini merupakan kebanggaan bagi saya dan keluarga, saya juga berharap hal ini dapat lebih memotivasi seniman Indonesia untuk berkarya di luar negeri," imbuh Thantawi yang kerap dipanggil Awi.

Sementara itu Duta Besar RI untuk Korsel, Umar Hadi juga berharap mural KBRI Seoul ini menjadi sarana promosi budaya dan wisata yang efektif, dan menjadi salah satu cara menunjukkan harmoni hubungan Indonesia dan Korsel.

"Seeing is believing, dengan melihat keindahan alam serta berbagai tempat yang menjadi kebanggaan pariwisata Indonesia di tembok KBRI Seoul, saya  berharap para pengunjung asing dapat melihat keberagaman dan daya tarik pariwisata Indonesia, saya pun berharap Warga Negara Indonesia yang melihat mural ini tidak lupa akan tanah air mereka," pungkas Dubes Umar.

Untuk diketahui, perayaan HUT RI di KBRI Seoul tidak hanya diisi dengan Upacara Bendera, namun ada juga pertandingan olah raga dan permainan anak-anak yang sudah sejak dua minggu sebelumnya.

Termasuk pasukan paskibraka yang telah berlatih sebulan penuh untuk mempersiapkan hari istimewa Bangsa Indonesia ini. Selain itu akan dilaksanakan juga kenduri kemerdekaan usai upacara penurunan bendera tanggal 17 Agustus nanti. Kenduri kemerdekaan ini akan diisi dengan syukuran dan doa bersama untuk bangsa dipimpin oleh tokoh lintas agama masyarakat Indonesia di Korsel. [rus]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA