Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

78 Kasus Ebola Kembali Ditemukan Di Kongo

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/amelia-fitriani-1'>AMELIA FITRIANI</a>
LAPORAN: AMELIA FITRIANI
  • Sabtu, 18 Agustus 2018, 08:52 WIB
78 Kasus Ebola Kembali Ditemukan Di Kongo
Foto: CNN
rmol news logo Kasus ebola kembali terjadi di salah satu negara miskin di dunia, Republik Demokratik Kongo.

Saat ini diketahui ada 78 kasus Ebola yang dilaporkan dalam wabah saat ini di provinsi Kivu dan Ituri Utara dari negara tersebut.

Menurut data Organisasi Kesehatan Dunia WHO, dari kasus-kasus tersebut, 51 dikonfirmasi, dan 27 lainnya masih masuk kategori "kemungkinan". Selain itu WHO juga mencatat adanya 44 kematian.

Kasus-kasus yang dilaporkan berada di lima zona kesehatan di Kivu Utara dan satu zona kesehatan di Ituri, tetapi semua kasus terkait dengan "wabah epi-center" di Mangina.

Bukan hanya itu, 10 pekerja perawatan kesehatan juga telah terinfeksi penyakit ini. Sembilan dari kasus-kasus itu dikonfirmasi, dan satu kasus yang mungkin adalah seorang pekerja yang meninggal.

"Para pekerja perawatan kesehatan ini kemungkinan terpapar di klinik, bukan pusat perawatan Ebola (ETC), banyak di antaranya mungkin telah terinfeksi sebelum pengumuman wabah," begitu keterangan WHO seperti dimuat CNN.

WHO sendiri bekerja untuk meningkatkan kesadaran Ebola di antara perawatan kesehatan dan pekerja garis depan lainnya, dan untuk memperkuat pencegahan infeksi dan kontrol (IPC).

Provinsi yang terkena dampak berbagi perbatasan dengan Uganda dan Rwanda dan berpenduduk padat. Konflik dan kekerasan yang sedang berlangsung di wilayah tersebut menimbulkan kekhawatiran keamanan bagi mereka yang bekerja untuk mengatasi wabah. [mel]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA