Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

RI Dorong Filipina Ratifikasi Perjanjian ZEE Sebelum Akhir Tahun

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Selasa, 21 Agustus 2018, 06:21 WIB
RI Dorong Filipina Ratifikasi Perjanjian ZEE Sebelum Akhir Tahun
Menlu Retno/RMOL
rmol news logo Indonesia konsisten menyatakan dukungan agar adopsi perjanjian internasional atau ratifikasi Zona Ekonomi Ekslusif (ZEE) Filipina dapat rampung secepatnya.

"Saya mengharapkan dan menyampaikan pada beliau apakah memungkinkan agar proses ratifikasi di filipina di segerakan pada saat pertemuan UNGA september di New York disela-sela pertemuan di New York," ungkap Menlu Retno kepada para Wartawan usai menyambut Menlu Filipina Alan Peter Cayetano, di Kementerian Luar Negeri Indonesia, Jakarta, Senin (20/8).

Menlu Retno menambahkan bahwa pilihan lain adalah, ratifikasi Filipina bisa disampaikan pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Asean pada bulan November mendatang di Singapura.

Dia menambahkan bahwa ratifikasi diharapkan akan rampung pada bulan September atau November mendatang.

Menlu menuturkan negosiasi ZEE sebelumnya telah selesai pada tahun 2014, dan Indonesia telah merampungkan ratifikasinya pada 2016 lalu.

Untuk diketahui ZEE adalah zona yang luasnya 200 mil dari garis dasar pantai, dimana dalam zona tersebut sebuah negara pantai mempunyai hak atas kekayaan alam di dalamnya, dan berhak menggunakan kebijakan hukumnya, kebebasan bernavigasi, terbang di atasnya, ataupun melakukan penanaman kabel dan pipa. [mel]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA