Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Dalam Pesan Idul Adha, Pimpinan Hamas Pastikan Dorong Gencatan Senjata

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/amelia-fitriani-1'>AMELIA FITRIANI</a>
LAPORAN: AMELIA FITRIANI
  • Rabu, 22 Agustus 2018, 09:46 WIB
Dalam Pesan Idul Adha, Pimpinan Hamas Pastikan Dorong Gencatan Senjata
Haniya/Net
rmol news logo Pemimpin Hamas Ismail Haniya mengatakan bahwa mengakhiri blokade Israel selama satu dasawarsa di Gaza dipastikan akan menjadi bahasan dalam pembicaraan tentang kemungkinan kesepakatan gencatan senjata yang meningkat.

Negosiasi tidak langsung antara para penguasa Hamas Gaza dan Israel yang diperantarai oleh pejabat Mesir dan PBB dilaporkan telah memasukkan pembahasan tentang pelonggaran blokade, tetapi tidak berarti pengangkatan totalnya.

Berbicara kepada ribuan warga Palestina selama doa untuk liburan Idul Adha Muslim pada hari Selasa, Haniya, kepala biro politik Hamas, tidak secara langsung membahas kemungkinan gencatan senjata.

"Berkat pawai dan perlawanan ini, kita hanya berada di sudut untuk menutup halaman pada blokade yang tidak adil ini," kata Haniya seperti dimuat Al Jazeera.

"Kami sedang dalam perjalanan untuk mengakhiri blokade Gaza yang tidak adil ini," sambungnya.

Protes telah berlangsung di Gaza setiap Jumat di sepanjang pagar Israel sejak 30 Maret melawan blokade Israel dan Resolusi PBB 194, yang mendefinisikan hak warga Palestina untuk kembali ke rumah mereka, mereka diusir dari tahun 1948 dengan pembentukan negara Israel.

Militer Israel menanggapi protes itu dengan menewaskan 170 demonstran Palestina dan melukai lebih dari 18.000 orang. [mel]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA