Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jack Ma Dipastikan Pensiun Dari Alibaba Tahun Depan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/amelia-fitriani-1'>AMELIA FITRIANI</a>
LAPORAN: AMELIA FITRIANI
  • Senin, 10 September 2018, 11:14 WIB
Jack Ma Dipastikan Pensiun Dari Alibaba Tahun Depan
Jack Ma/BBC
rmol news logo Pimpinan raksasa e-commerce China, Alibaba yakni Jack Ma dipastikan akan pensiun tahun depan.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Begitu konfirmasi yang dirilis pihak perusahaannya awal pekan ini untuk membantah kabar simpang-siur yang beredar.

Usai pensiun nanti, rencananya Jack Ma yang juga merupakan salah satu orang terkaya di China itu akan menyerahkan kendali kepada Daniel Zhang, yang saat ini menjadi chief executive Alibaba.

"Para guru selalu ingin murid-murid mereka melebihi mereka, jadi hal yang bertanggung jawab untuk saya dan perusahaan lakukan adalah membiarkan muda, orang-orang yang lebih berbakat mengambil alih peran kepemimpinan," kata Ma dalam sebuah pernyataan pada hari ke-54 ulang tahunnya seperti dimuat BBC.

Jack Ma yang saat ini memiliki kekayaan bersih senilai 36,6 miliar dolar AS dipastikan akan tetap menjadi direktur di dewan Alibaba sampai pertemuan pemegang saham tahunan pada tahun 2020. Dia adalah anggota permanen dari Kemitraan Alibaba.

Jack Ma yang sebelumnya adalah guru bahasa Inggris diketahui ikut mendirikan Alibaba pada tahun 1999 dan telah melihatnya menjadi salah satu perusahaan internet terbesar di dunia.

Dia mengatakan bahwa setelah pensiun, dia ingin kembali ke dunia pendidikan.

"Dunia ini besar, dan saya masih muda, jadi saya ingin mencoba hal-hal baru," kata Jack Ma dalam pernyataan yang sama, seraya menambahkan bahwa dia berencana untuk melanjutkan perannya sebagai mitra pendiri.

"Satu hal yang dapat saya janjikan kepada semua orang adalah ini. Alibaba tidak pernah tentang Jack Ma, tetapi Jack Ma selamanya akan menjadi milik Alibaba," tambahnya.

Alibaba sendiri saat ini diketahui adalah salah satu perusahaan paling berharga di dunia. Tahun lalu saja, sahamnya hampir dua kali lipat nilainya. [mel]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA