Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Oposisi Batal Cemooh Petahana Dengan Pelantikan Tiruan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ade-mulyana-1'>ADE MULYANA</a>
LAPORAN: ADE MULYANA
  • Sabtu, 15 September 2018, 09:00 WIB
Oposisi Batal Cemooh Petahana Dengan Pelantikan Tiruan
Zimbabwe/Net
rmol news logo Aliansi oposisi utama Zimbabwe membatalkan rencana untuk mengadakan pelantikan tiruan untuk menyebut pemimpinnya sebagai presiden negara itu setelah pemerintah melarang pertemuan publik di tengah kekhawatiran penularan wabah kolera.

Dikabarkan Al Jazeera, aliansi oposisi Gerakan untuk Perubahan Demokratis (MDC) Zimbabwe sendiri sebelumnya berencana untuk menggelar acara pelantikan tiruan akhir pekan ini sebagai bentuk cemoohan atas terpilihnya petahana, Emmerson Mnangagwa dari partai ZANU-PF dalam pemilu Juli lalu.

Namun rencana itu terpaksa dibatalkan karena awal pekan ini pemerintah Zimbabwe mengeluarkan larangan untuk tidak melakukan pertemuan publik karena Zimbabwe sendiri saat ini tengah mengahadapi wabah kolera yang buruk. Sehingga dikhawatirkan, pertemuan publik akan mempercepat menularan wabah.

Namun pihak oposisi menilai bahwa larangan itu berbau politik,

"Sudah jelas bahwa pemerintah menyalahgunakan epidemi kolera untuk tujuan politik dan menaruh keraguan serius bahwa larangan acara peringatan kami keluar dari perhatian yang tulus," kata juru bicara MDC, Jacob Mafume pada Jumat (14/9). [mel]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA