Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Cerita Di Balik Kopi Geisha Ternama Dari Panama

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Minggu, 16 September 2018, 00:28 WIB
Cerita Di Balik Kopi Geisha Ternama Dari Panama
Kopi Geisha/RMOL
rmol news logo  Kopi Geisha yang dipanen di gunung tertinggi Panama, Alto de Nique menjadi kopi termahal di negara yang berada di Amerika Tengah itu. Dutabesar Panama untuk Indonesia Debora Ho berbagi pengetahuan tentang kopi tersebut.

Dihasilkan dari pertumbuhan di tempat terbaik, kopi Geisha menjadi incaran bagi para pecinta kopi.

"Terbuat dari ceri kopi pilihan yang dipanen di gunung tertinggi di Panama, kemudian dikeringkan selama delapan hari sampai mencapai kelembaban yang ideal, sekitar 10,5 persen, dan kemudian dijual dengan tampak masih bewarna kehijauan," ungkap Dubes Debora di 1/5 Coffee, Gandaria, Jakarta Selatan, Sabtu (15/9).

Kata dia, bagi siapapun yang merasakan nikmatnya kopi Geisha akan menjadi pengalaman luar biasa yang penuh tanda tanya karena kualitasnya. Maka tak heran, kata dia, harga tersebut mahal.

"Bagi siapa saja yang belum mengalaminya sendiri, kopi Geisha bisa menjadi sesuatu yang penuh teka-teki. Apa sebenarnya yang membenarkan harga kopi Geisha? Jawabannya adalah untuk anda yang belum pernah merasakan kopi ini," tuturnya.

Dubes Debora memaparkan kopi ini ditemukan di Kota Geisha Ethiopia Barat Daya pada tahun 1930-an. Seiring berjalannya waktu, kopi ini tumbuh di Panama yang ditanam oleh para petani saat itu.

Kopi yang terkenal dengan Panama Geisha Coffee ini meskipun tidak berasal dari Panama secara langsung, namun pengelola perkebunan di Kosta Rika telah membuat memperluas perkebunannya di Panama, yakni di Gunung Alto de Nique.

"Anda tidak akan menemukan kopi di muka bumi dengan profil rasa yang lebih beragam dan mempesona. Tergantung di mana biji kopi ditanam dan metode yang digunakan untuk membudidayakannya," lanjutnya.

"Anda bisa melihat perbedaan yang spektakuler dalam rasa yang paling menonjol," tandasnya memperkenalkan kopi Geisha. [ian]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA