Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Uni Eropa Selidiki 28 Kelompok Produk Baja Dunia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Rabu, 19 September 2018, 04:03 WIB
Uni Eropa Selidiki 28 Kelompok Produk Baja Dunia
Oke Nurwan/RMOL
rmol news logo Indonesia telah berhasil mengamankan akses ekspor bagi 27 dari 28 kelompok produk baja dari seluruh dunia yang diselidiki Uni Eropa.

"Dengan keberhasilan Indonesia mengamankan akses ekspor 27 kategori produk baja artinya sekitar 304 kode Harmonized System (HS) bebas dari tindakan pengamanan perdagangan sementara (safeguards) yang dikeluarkan Komisi Uni Eropa pada 17 Juli 2018. Kami mengapresiasi keputusan Uni Eropa tersebut," jelas Dirjen Perdagangan Luar Negeri Kementerian Luar Negeri Oke Nurwan melalui keterangannya, Rabu (19/9).

Dia menuturkan, dari impor 28 kelompok produk baja Indonesia termasuk produk baja dari
seluruh dunia yang diselidiki terdapat lima kelompok produk baja Indonesia yang tidak dikenakan safeguards sementara disebabkan impornya tidak melonjak. Sementara 22 kelompok produk baja lainnya dikecualikan karena pangsa impor Indonesia yang masih di bawah ambang batas yang ditentukan.

Sedangkan satu produk baja dari Indonesia yaitu non alloy and other alloy quarto plates dikenakan safeguards berupa kuota impor dan bea masuk.

"Berdasarkan hasil analisis Komisi Uni Eropa, kuantitas impor 22 kelompok produk baja dari Indonesia tersebut tidak melebihi pangsa tiga persen dari total impor masing–masing katagori produk ke Uni Eropa sebagaimana disyaratkan dalam Perjanjian Safeguards WTO," papar Oke.

"Berdasarkan data statistik Uni Eropa, nilai ekspor 27 kelompok produk baja Indonesia tersebut ke Uni Eropa pada tahun 2017 mencapai EUR 48,80 juta atau setara dengan Rp 841,60 miliar," tambahnya.

Sebelumnya, Uni Eropa hanya melakukan penyelidikan terhadap 26 kelompok produk baja yang dimulai 26 Maret 2018. Namun pada 28 Juni 2018, Komisi Uni Eropa memperluas penyelidikan hingga mencakup impor 28 kelompok produk baja atau sekitar 314 Kode HS baja. [wah]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA