Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Dua Pejuang Melawan Pemerkosaan Dapat Hadiah Novel 2018

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/amelia-fitriani-1'>AMELIA FITRIANI</a>
LAPORAN: AMELIA FITRIANI
  • Sabtu, 06 Oktober 2018, 10:56 WIB
Dua Pejuang Melawan Pemerkosaan Dapat Hadiah Novel 2018
Murad dan Mukwege/BBC
rmol news logo Hadiah Nobel Perdamaian 2018 diberikan kepada orang-orang yang vokal menyuarakan kampanye melawan pemerkosaan dalam peperangan. Mereka adalah Nadia Murad dan Denis Mukwege.

Murad adalah seorang warga Yazidi asal Irak yang disiksa dan diperkosa oleh kelompok militan ISIS dan kemudian bangkit menjadi aktivis kampanye untuk membebaskan orang-orang Yazidi.

Sementara Mukwege adalah seorang ginekolog Kongo yang bersama dengan rekan-rekannya, telah merawat puluhan ribu korban pemerkosaan.

Dikabarkan BBC, keduanya mengalahkan sekitar 331 individu dan organisasi yang dinominasikan untuk penghargaan bergengsi tersebut.

Keduanya dinilai telah membuat kontribusi penting untuk memusatkan perhatian pada, dan memerangi, kejahatan perang seperti itu.

Para pemenang yang diumumkan di ibukota Norwegia, Oslo pada Jumat (5/10). Ketua Komite Nobel, Berit Reiss-Andersen mengatakan bahwa mereka memenangkan penghargaan karena upaya mereka mengakhiri penggunaan kekerasan seksual sebagai senjata perang. [mel]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA