Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Republik Ceko Bantu Korban Gempa Sulteng Rp 6,7 Miliar

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ruslan-tambak-1'>RUSLAN TAMBAK</a>
LAPORAN: RUSLAN TAMBAK
  • Sabtu, 06 Oktober 2018, 11:12 WIB
Republik Ceko Bantu Korban Gempa Sulteng Rp 6,7 Miliar
Martin Tlapa/Net
rmol news logo . Wakil Menteri Luar Negeri Republik Ceko, Martin Tlapa telah bertemu dengan Duta Besar RI untuk Ceko, Aulia Aman Rachman membicarakan rencana bantuan Ceko untuk korban gempa dan tsunami Sulawesi Tengah.
Tlapa dan bertemu di Kantor Kemlu, Kota Praha, Ceko pada 4 Oktober 2018.

Tlapa mengatakan, pemerintah dan rakyat Ceko ikut berbelasungkawa kepada keluarga korban dan masyarakat Indonesia, dan menegaskan kesiapan Ceko untuk membantu dalam upaya penanganan bencana, mulai dari tahap tanggap darurat dan bantuan kemanusiaan serta proses rekonstruksi.

Pemerintah Ceko telah memutuskan untuk memobilisasi bantuan kemanusiaan langsung sejumlah 10 juta Koruna Ceko sekitar Rp. 6,7 miliar, yang akan disalurkan melalui Palang Merah.

Selanjutnya, untuk memanfaatkan dana tersebut, akan diumumkan panggilan (call for proposal) untuk proyek-proyek restorasi dan rekonstruksi.

Kedutaan Besar RI akan diundang untuk berpartisipasi pada proses evaluasi terhadap proposal yang diajukan. Untuk tujuan ini, Pemerintah Ceko akan mengalokasikan dana sebesar 12 juta Koruna Ceko sekitar Rp. 8,1 miliar.

Ceko juga siap menawarkan bantuan kepada Indonesia di bidang pencegahan bencana lebih lanjut, dalam bentuk berbagi pengalaman dan teknologi dari sistem penyelamatan terpadu yang telah terbukti untuk mengatasi bencana di Ceko.

Tlapa juga menyatakan bahwa Kemlu Ceko menerima tawaran dari sejumlah perusahaan memasok sistem peringatan dini serta perangkat yang digunakan untuk mitigasi bencana alam dan secara aktif mendukung keterlibatan mereka dalam proses rekonstruksi di Indonesia.

Tlapa mengumumkan bahwa dia akan mengadakan pertemuan dengan organisasi kemanusiaan Ceko untuk mengkoordinir bantuan Ceko untuk para korban di daerah yang terkena bencana.

Duta Besar Rachman menyampaikan rasa terima kasih atas nama Presiden RI Joko Widodo dan Menlu RI Retno Marsudi kepada Pemerintah Ceko atas tawaran bantuan berharga, dan berjanji bahwa Kedutaan Indonesia akan bekerjasama penuh dalam komunikasi dengan instansi terkait di Indonesia yang bertanggung jawab untuk menerima dan mendistribusikan bantuan asing. [rus]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA