Ada 15 Nama Warga Saudi Diduga Terkait Hilangnya Wartawan Di Konsulat

Rabu, 10 Oktober 2018, 13:59 WIB | Laporan: Amelia Fitriani

Jamal Khashoggi/Net

Surat kabar pro-pemerintah Turki, Sabah memuat kabar bahwa ada dugaan bahwa 15 orang telah teridentifikasi terlibat dalam hilangnya wartawan Saudi terkemuka, Jamal Khashoggi.

Khashoggi terakhir terlihat seminggu lalu memasuki konsulat di Istanbul untuk mendapatkan dokumen yang terkait dengan pernikahannya yang akan datang. Tunangannya yang menunggu di luar, mengatakan dia tidak pernah keluar dari Konsulat tersebut.

Sejumlah spekulasi muncul soal hilangnya wartawan yang vokal mengkritisi pemerintah Saudi tersebut. Salah satu dugaan kuat yang berkembang adalah dia dibunuh di dalam konsulat.

Sebuah sumber keamanan Turki sebelumnya mengatakan kepada Reuters bahwa sekelompok 15 warga Saudi, termasuk beberapa pejabat, tiba di Istanbul dan memasuki konsulat pada 2 Oktober. Di hari yang sama, Khashoggi ada di sana, dan kemudian mereka meninggalkan negara itu.

Surat kabar Sabah menerbitkan nama-nama dan tahun kelahiran 15 orang Saudi yang dikatakan tiba di bandara Ataturk Istanbul pada 2 Oktober tersebut. Berdasarkan foto yang diambil pada paspor pengendali yang diterbitkannya. Ke-15 orang itu berangkat pada empat waktu berbeda.

Namun terkait hal ini, belum adakonfirmasi dari otoritas terkait. Demikian seperti dikutip Channel News Asia. [mel]
Tag:

Kolom Komentar