Gedung Putih Hubungi Putra Mahkota Saudi Soal Dugaan Pembunuhan Wartawan

Kamis, 11 Oktober 2018, 12:29 WIB | Laporan: Amelia Fitriani

John Bolton/Net

Pejabat tinggi Amerika Serikat membuka komunikasi dengan Putra Mahkota Saudi, Mohammed Bin Salman soal kasus hilangnya jurnalis Saudi di konsulat Saudi di Istanbul.

Penasihat keamanan nasional John Bolton dan menantu Presiden Donald Trump Jared Kushner pada awalnya berbicara kepadanya tentang wartawan bernamaJamal Khashoggi itu.

Selain itu, Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Mike Pompeo juga memiliki panggilan tindak lanjut dengan Salman.

"Dalam kedua panggilan itu mereka meminta rincian lebih lanjut dan agar pemerintah Saudi menjadi transparan dalam proses penyelidikan," begitu keterangan yang dirilis Gedung Putih seperti dimuat Press TV.

Sementara itu juru bicara Gedung Putih Sarah Huckabee Sanders menambahkan bahwa Amerika Serikat akan terus menyelidiki tentang nasib wartawan tersebut.

Diketahui bahwa Khashoggi terakhir terlihat akhir pekan lalu setelah memasuki konsulat Saudi di Istanbul. Turki menduga bahwa dia dibunuh di dalam konsulat.

Harian Turki Sabah telah merilis identitas para operator Saudi, yang melakukan perjalanan dari Riyadh ke Istanbul dengan dua jet pribadi dan memasuki misi Saudi pada 2 Oktober ketika Khashoggi memasuki gedung itu.

Hilangnya Khashoggi yang misterius telah menyebabkan protes di depan Kedutaan Saudi di Washington, DC, di mana para aktivis menuntut keadilan karena hilangnya wartawan tersebut. [mel]

Kolom Komentar