Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Korsel Mundur Dari Rencana Pencabutan Sanksi Korea Utara

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/amelia-fitriani-1'>AMELIA FITRIANI</a>
LAPORAN: AMELIA FITRIANI
  • Kamis, 11 Oktober 2018, 13:48 WIB
rmol news logo Korea Selatan mundur dari proposal untuk mencbut beberapa sanksi sepihak terhadap Korea Utara setelah ada tanggapan dari Presiden Amerika Serikat Donald Trump.

Dikabarkan Associated Press (Kamis, 11/10), Menteri Luar Negeri Korea Selatan, Kang Kyung-wha sebelumnya mengatakan bahwa Korea Selatan saat ini sedang mempertimbangkan langkah-langkah pengangkatan sanksi yang diterapkan setelah serangan mematikan pada tahun 2010.

Hal itu dipertimbangkan karena momentum diplomatik dengan Korea Utara yang semakin menunjukkan lampu hijau menuju denuklirisasi.

Tetapi Trump kemudian bereaksi dengan mengatakan bahwa sanksi Korea Selatan untuk Korea Utara tidak bisa dicabut tanpa persetujuan Washington.

Menyusul hal tersebut, Menteri Unifikasi Cho Myoung-gyon mengatakan bahwa penghapusan sanksi itu belum dipertimbangkan secara serius dan akan sulit dilakukan kecuali Korea Utara mengakui tanggung jawab atas serangan 2010.

Korea Utara sendiri diketahui membantah keras keterlibatan atas tenggelamnya kapal perang Cheonan, serangan yang menewaskan 46 pelaut Korea Selatan. [mel]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA