Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

WHO: Kapan Saja Wabah Ebola Bisa Nyebar Ke Uganda

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/amelia-fitriani-1'>AMELIA FITRIANI</a>
LAPORAN: AMELIA FITRIANI
  • Jumat, 12 Oktober 2018, 14:08 WIB
WHO: Kapan Saja Wabah Ebola Bisa Nyebar Ke Uganda
Penanganan kasus ebola/Net
rmol news logo Wabah ebola yang terjadi di Republik Demokratik Kongo (DRC) diperkirakan masih akan berlangsung tiga hingga empat bulan lagi. Bukan hanya itu, ada potensi ebola akan menyebar kapan saja ke Uganda atau Rwanda.

Hal itu diperingatkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada Kamis (11/10).

Dalam sebuah pernyataan, WHO mengatakan bahwa negara-negara tetangga sudah dipersiapkan dengan baik tetapi belum menyetujui penggunaan vaksin.

Daerah yang paling memprihatinkan adalah kota Beni di provinsi North Kivu DRC, di mana puluhan orang yang mungkin terkena penyakit bersembunyi dari petugas kesehatan.

Dikabarkan Al Jazeera, kepala tanggap darurat WHO Peter Salama mengatakan bahwa uji klinis pengobatan ebola sedang dalam pembahasan dan bisa dimulai dalam beberapa minggu ke depan.

Tingkat kasus ebola baru telah meningkat dua kali lipat sejak September setelah kekerasan pemberontak di DRC timur laut menyebabkan upaya penanganan ebola ditangguhkan.

Komite Penyelamatan Internasional mengatakan "khawatir" bahwa ada 33 kasus baru antara 1 Oktober dan Selasa, dibandingkan 41 kasus selama semua September. [mel]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA