Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Sekjen PBB: Korban Bencana Sulteng Menunjukan Kekuatan Dan Ketangguhan Luar Biasa

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Sabtu, 13 Oktober 2018, 01:09 WIB
Sekjen PBB: Korban Bencana Sulteng Menunjukan Kekuatan Dan Ketangguhan Luar Biasa
Antonio Guterres berdialog dengan salah satu korban bencana di Sulawesi Tenggara/Twitter
rmol news logo Sekjen Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Antonio Guterres didampingi Wakil Presiden Republik Indonesia Jusuf Kalla (JK) mengunjungi korban bencana Sulawesi Tengah yang berada di rumah sakit lapangan dan pos penampungan.

Dalam kunjungannya itu Antonio mengapresiasi atas penanganan yang dilakukan pemerintah Indonesia dapat berlangsung baik, terlebih akses darat dan laut terus diperbaiki dan memulihkan utilitas dasar seperti listrik, air dan Bahan Bakar Minyak (BBM).

Antonio juga menilai para korban tidak terus terpuruk dalam. Mereka, Sambung Antonio memiliki semangat untuk melewati bencana yang menimpa.

"Mereka (korban bencana) menunjukkan kekuatan dan ketangguhan yang luar biasa. PBB bersama anda untuk mendukung pemerintah dalam upaya penyelamatan dan pemulihan," ungkap Antonio melalui akun Twitter pribadinya @antonioguterres, Jumat (12/10).

Sebelum keduanya memantau ke lokasi bencana, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Willem Rampangilei menjelaskan terkait wilayah yang terdampak gempa, tsunami dan likuifaksi serta penanganan darurat pascagempa kepada JK dan Antonio dan perwakilan dari Bank Dunia di Bandara Mutiara Al-Jufri, Kota Palu.

Willem menyampaikan bahwa penanganan darurat masih berlangsung dan Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah telah memperpanjang status tanggap darurat hingga 26 Oktober kedepan.

Selain itu terkait bantuan internasional, BNPB bersama Kementerian Luar Negeri dan ASEAN Coordinating Centre For Humanitarian Assistance (AHA Centre) telah menerima bantuan internasional dari negara-negara ASEAN dan 16 negara lain telah memberikan bantuan dalam penanganan darurat mulai dari pesawat, makanan dan non-makanan.

Sementara itu, Kepala Kantor UN OCHA Indonesia Oliver Lacey-Hall memuji kemitraan AHA Centre dan BNPB serta komunitas ASEAN yang telah membangun solidaritas dalam penanggulangan bencana. [nes]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA