Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Apple Watch Bisa Jadi Petunjuk Hilangnya Jamal Khashoggi?

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/amelia-fitriani-1'>AMELIA FITRIANI</a>
LAPORAN: AMELIA FITRIANI
  • Sabtu, 13 Oktober 2018, 13:47 WIB
Apple Watch Bisa Jadi Petunjuk Hilangnya Jamal Khashoggi?
Jamal Khashoggi (berjas hitam) saat memasuki konsulat Saudi/CNN
rmol news logo Perangkat Apple Watch mungkin bisa menjadi petunjuk untuk kasus hilangnya wartawan senior Saudi, Jamal Khashoggi di konsulat Saudi di Turki pekan kemarin.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

CNN mengutip surat kabar pro pemerintah Turki, Sabah, jelang akhir pekan ini memuat bahwa ada kemungkinan Khashoggi telah merekam kematiannya sendiri.

Khashoggi diduga menyalakan fungsi rekaman dari perangkat Apple Watch yang dia kenakan sebelum berjalan ke konsulat Saudi di Istanbul pada 2 Oktober lalu.

Surat kabar swasta Tuki tersebut menulis bahwa momen interogasi, penyiksaan, dan pembunuhannya kemungkinan direkam di Apple Watch yang terhubung dengan kedua ponselnya dan ke iCloud.

Sabah juga menulis bahwa pasukan keamanan yang memimpin penyelidikan menemukan file audio di dalam telepon Khasshoggi yang ada di tunangannya.

Setelah memperhatikan Apple Watch yang dikenakan Khashoggi, masih dalam laporan yang sama, penyerang Khashoggi mencoba membuka kunci Apple Watch dengan beberapa upaya kata sandi, yang pada akhirnya menggunakan sidik jari Khashoggi untuk membuka kunci jam pintar tersebut. Ada dugaan bahwa mereka berhasil menghapus hanya beberapa file.

Namun, di situs webnya, Apple tidak mencantumkan verifikasi sidik jari sebagai salah satu kemampuan Apple Watch.

Tidak segera jelas apakah secara teknis, memungkinkan untuk telepon Apple Khashoggi, mentransfer audio ke teleponnya, yang telah ia berikan kepada tunangannya sebelum memasuki konsulat.

Meski begitu, kabar tersebut belum diverifikasi oleh pihak manapun. Sehingga itu bukanlah kesimpulan akhir dari penyelidikan. [mel]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA