Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Israel, Suriah Dan PBB Sepakat Buka Penyeberangan Golan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/amelia-fitriani-1'>AMELIA FITRIANI</a>
LAPORAN: AMELIA FITRIANI
  • Sabtu, 13 Oktober 2018, 14:31 WIB
rmol news logo Israel, Suriah dan PBB telah sepakat untuk membuka penyeberangan Quneitra di Dataran Tinggi Golan pada awal pekan depan.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Hal itu dipastikan oleh Duta Besar Amerika Serikat untuk PBB, Nikki Haley pada Jumat (12/10).

Haley mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa pembukaan itu akan memungkinkan pasukan pemelihara perdamaian PBB untuk meningkatkan upaya mereka untuk mencegah permusuhan di wilayah Golan Heights.

Pasukan Pemadam Kebebasan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNDOF) telah memantau operasi di zona demiliterisasi yang didirikan pada 1974 antara Golan yang diduduki Israel dan sektor Suriah, tetapi misi pemeliharaan perdamaian terganggu oleh perang sipil Suriah.

Diketahui bahwa Israel merebut Dataran Tinggi Golan dalam perang Timur Tengah 1967 dan kembali berperang melawan Syria di dataran tinggi strategis dalam konflik tahun 1973.

“Kami melihat baik Israel dan Suriah untuk memberikan pasukan perdamaian PBB akses yang mereka butuhkan serta jaminan keselamatan mereka. Kami juga menyerukan kepada Suriah untuk mengambil langkah-langkah yang diperlukan agar UNDOF dapat dengan aman dan efektif menyebarkan dan patroli tanpa gangguan," kata Haley seperti dimuat Reuters.

Polisi militer dari Rusia, sekutu besar Presiden Suriah Bashar al-Assad, telah berpatroli di sisi Suriah Quneitra. [mel]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA