Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

5 Produk Indonesia Terpilih Ikut Festival Belanja Online Terbesar Di Tiongkok

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Minggu, 14 Oktober 2018, 07:16 WIB
5 Produk Indonesia Terpilih Ikut Festival Belanja Online Terbesar Di Tiongkok
Jack Ma dan Airlangga Hartarto/KBRI Tiongkok
rmol news logo Lima produk Indonesia yaitu Mooi Luwat, Biskuit Richeese, Kerupuk Udang, Indomie Goreng dan Sarang Burung Walet akan ikut dalam 'Festival 11.11 Singles Day'. Ini festival belanja online terbesar di Tiongkok.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Pemilihan lima produk itu berdasar kesepakatan dalam pertemuan Steering Committee E-Commerce Indonesia dengan Jack Ma selaku penasehat E-Commerce Indonesia bersama timnya di sela-sela World Bank dan IMF Annual Meeting di Bali.

Hadir dalam pertemuan yang dipimpin oleh Menko Perekonomian itu yakni Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto; Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara; Ketua Dewan Komisaris OJK, Wimboh Santoso; Kepala Badan Ekonomi Kreatif, Triawan Munaf; dan Deputy Gubernur BI. Selain itu juga pejabat-pejabat Kemenko Perekonomian dan Dubes RI Beijing, Djauhari Oratmangun.
Pertemuan juga membahas tindak lanjut hasil pertemuan Presiden Jokowi dengan Jack Ma di Bogor dan Jakarta pada awal September 2018 lalu. Pertemuan melibatkan Ketua Kadin, Rosan P. Roeslani dan jajarannya.

Dikutip rilis KBRI Republik Rakyat Tiongkok di Beijing yang diterima redaksi pagi ini (Minggu, 14/10), menyebutkan pemilihan kelima produk tersebut terkait kesiapan stok 1 juta paket saat pelaksanaan festival, telah teregistrasi di platform Alibaba (khususnya Tmall) serta telah memiliki dukungan supply chain yang baik untuk antisipasi terjadinya peningkatan permintaan ekspor yang signifikan.

Selain itu, produk-produk tersebut sudah ada dan siap dijual di Tiongkok yang diharapkan dapat memberikan multiplier effects ke brand produk Indonesia lainnya.

Kelima produk itu akan dipromosikan dalam T-Mall Global Indonesia Country Pavilion yang segera diluncurkan dalam waktu dekat, bersamaan dengan dimulainya rangkaian Festival 11.11 Singles. Hal ini merupakan awal dari kerja sama yang saling menguntungkan di masa yang akan datang. Ke depan produk-produk andalan lainnya sudah mulai dipromosikam di Indonesia Pavilion.

Serangkaian kegiatan promosi untuk produk Indonesia di Pavillion tersebut akan dilakukan oleh Alibaba Group bekerja sama dengan KBRI Beijing, Indonesia Chamber of Commerce in China (INACHAM) dan para pemangku kepentingan terkait lainnya khususnya Kadin.

Selain menjadi platform untuk promosi berbagai produk ekspor Indonesia di Tiongkok, Country Pavilion ini juga akan berisi konten promosi budaya dan pariwisata Indonesia kepada konsumer Tiongkok.

Festival 11.11 Singles Day Alibaba Group berhasil mencatat rekor penjualan sebesar RMB 162 miliar (sekitar 25,3 miliar dolar AS) pada tahun 2017. Pada tahun ini, selain partisipasi produk Indonesia pada Festival 11.11 Singles Day, Indonesia juga akan menjadi Country of Honor dalam pameran China International Import Expo (CIIE) Shanghai bulan November mendatang. [wid]

 

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA