Farah.ID
Farah.ID

Konflik Di Selatan Jadi Agenda Utama Kunjungan Mahathir Mohamad Ke Thailand

LAPORAN: AMELIA FITRIANI
  • Rabu, 24 Oktober 2018, 13:42 WIB
Konflik Di Selatan Jadi Agenda Utama Kunjungan Mahathir Mohamad Ke Thailand
Mahathir Mohamad/Net
Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad akan bertemu dengan Perdana Menteri Thailand Prayut Chan-O-Cha malam ini (Rabu, 24/10) di Bangkok.

Pertemuan ini dilakukan sebagai bagian dari perjalanan resmi perdana Mahathir ke negara tetangga. Salah satu agenda yang dibawa Mahathir adalah upaya untuk membantu prospek perdamaian di Thailand yang dilanda kekerasan di selatan.

Wilayah selatan terutama wilayah Muslim di Thailand yang berbatasan dengan Malaysia diketahui telah berada dalam genggaman pemberontakan. Meski kelompok pemberontak tersebut masih dalam skala tidak besar, namun pertumpahan darah kerap terjadi.

Pemberontakan telah melihat hampir 7.000 orang di mana mayoritas adalah warga sipil, meninggal dunia sejak tahun 2004 lalu.

Malaysia telah lama bertindak sebagai fasilitator untuk menengahi pembicaraan damai antara pemerintah Thailand dan kelompok pemberontak bernama Mara Patani tersebut.

Namun pembicaraan telah terhenti pada tahun lalu, dan kedua negara baru-baru ini menunjuk perwakilan baru untuk memimpin proses negosiasi yang rumit.

Channel News Asia,
mengutip Kementerian Luar Negeri Malaysia, memuat bahwa kunjungan Mahathir diharapkan menambah momentum bagi proses dialog perdamaian Thailand selatan. [mel]

ARTIKEL LAINNYA