Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Mahasiswa Indonesia Di Rusia Peduli Persatuan Bangsa

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Senin, 05 November 2018, 15:53 WIB
Mahasiswa Indonesia Di Rusia Peduli Persatuan Bangsa
Foto/KBRI Moskow
rmol news logo Mahasiswa Indonesia di Rusia tidak hanya sibuk menuntut ilmu, tetapi juga peduli terhadap persatuan dan kesatuan bangsanya. Serta turut mendekatkan hubungan antara Indonesia dengan Rusia.

Untuk itu, mahasiswa yang tergabung dalam Perhimpunan Mahasiswa Indonesia di Rusia (Permira) didukung KBRI Moskow menyelenggarakan pagelaran budaya Indonesia dan Kongres Permira ke-19 di Rostov on Don pada 2-3 November 2018.

Pagelaran budaya Wonderful Indonesia mengedepankan tema Zamrud Khatulistiwa. Sekitar 200 orang warga Rusia yang memenuhi gedung kebudayaan Rostov State Transport University seakan bertamasya keliling Indonesia menyaksikan keanekaragaman budaya dan tradisi Nusantara.

Sekretaris Pertama Fungsi Pensosbud KBRI Moskow Enjay Diana mengemukakan, Indonesia dan Rusia merupakan negara multibudaya. Kerja sama budaya kedua negara sangat penting untuk lebih mendekatkan hubungan. Saat ini, Rusia dan Indonesia, khususnya jarak antara Moskow dan Bali selangkah lebih dekat dengan adanya penerbangan langsung dari Moskow ke Denpasar sejak 28 Oktober 2018.

"Penerbangan ini memudahkan warga Rusia berkunjung ke Indonesia untuk berwisata dan mengetahui budaya Indonesia," kata Diana dalam keterangannyaa, Senin (5/11).

Pagelaran dikemas dalam sebuah drama yang menceritakan persatuan Indonesia atas perbedaan budaya dan tradisi dari Sumatera, Jawa, Bali, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, hingga Papua. Dalam pagelaran tersebut disajikan berbagai tarian dan nyanyian, serta penayangan video pariwisata dari daerah-daerah Indonesia tersebut.

Ketua panitia pagelaran Aryanto Rama Nur Rafi mengatakan, makna pagelaran budaya dimaksud untuk menyampaikan kepada warga Rusia bahwa Indonesia merupakan negara yang memiliki keanekaragaman budaya dan tradisi tetapi menjunjung tinggi persatuan.

"Indonesia adalah negara yang mementingkan persatuan. Kami berharap agar rakyat Indonesia, termasuk para mahasiswa Indonesia di Rusia dapat lebih mencintai Indonesia sebagai Indonesia yang seharusnya yaitu berbeda-beda tetapi tetap satu," kata Rama, mahasiswa yang sedang mendalami bidang perkeretaapian di Rostov State Transport University.

Wakil Pertama Rektor Rostov State Transport University Aleksander Vartanovich Chelokhyan yang hadir pada pagelaran tersebut memberikan apresiasi tinggi atas penyelenggaraan pagelaraan budaya Indonesia.

Menurutnya, para mahasiswa Indonesia tidak hanya semangat dan sungguh-sungguh dalam belajar tetapi juga memiliki kemampuan besar dalam kreasi seni. Vartanovich berharap lebih banyak lagi mahasiswa Indonesia yang belajar di Rostov State Transport University yang saat ini sebanyak 34 orang dari keseluruhan sekitar 530 mahasiswa Indonesia di Rusia. [wah]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA