Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Penembakan Di California, Pelaku Diduga Punya Gangguan Mental

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Jumat, 09 November 2018, 13:13 WIB
Penembakan Di California, Pelaku Diduga Punya Gangguan Mental
Foto: Reuters
rmol news logo Penembakan massal terjadi di sebuah bar dan tempat musik country di Thousand Oaks, California.

Pria bersenjata itu, yang diidentifikasi oleh polisi sebagai Ian David Long (28), menewaskan 12 orang, termasuk Sheriff Ventura County Sersan Ron Helus. Polisi kemudian menemukan penembak tewas di dalam bar, kemungkinan dari luka yang ditimbulkan sendiri.

Long adalah seorang veteran marinir AS dan diduga memiliki masalah kesehatan mental.

Mengutip dari CBS News, amukan itu terjadi di Borderline Bar & Grill di Thousand Oaks, sekitar 40 mil barat laut Los Angeles. Pihak berwenang belum mengetahui motif penembakan itu.

"Hanya ada orang muda, seperti anak muda, 18, 19, 20, hanya bersenang-senang," kata ayah tiri yang berada di bar bersama anak tirinya. "Dan maniak ini masuk dan mulai menembaki orang tanpa alasan sama sekali."

Video rekaman oleh seorang penyintas menunjukkan saat-saat teror seorang pria bersenjata melepaskan tembakan di dalam bar California yang ramai.

"Kami berada di bar yang Anda tahu bersenang-senang, menari, dan kemudian tiba-tiba Anda mendengar ... seperti dentuman ledakan," kata korban selamat.

Hampir 200 orang terjebak saat perayaan berubah menjadi kekacauan. Seorang pria bersenjata, berpakaian serba hitam dan dipersenjatai dengan pistol kaliber 45 menyerbu masuk. Dia pertama menembak seorang penjaga keamanan di pintu masuk depan, lalu menempatkan bom asap di dalam dan melepaskan tembakan, menembak secara acak.

Di dalam, 11 orang awam dan pelanggan yang panik bergegas menyelamatkan diri.  Beberapa orang masuk melalui jendela, sementara yang lain bersembunyi di toilet.

Beberapa jam setelah penembakan massal di bar California, ATF dan penyelidik FBI menggerebek rumah tempat lelaki bersenjata Ian Long tinggal bersama ibunya. Rumah mereka berada di jalan pinggiran kota sekitar lima mil dari Borderline Bar & Grill, tempat Long menewaskan 12 orang.

Di lingkungan itu, orang-orang yang tinggal di dekatnya mengatakan, Long tampak sering marah dan tidak ramah.

"Dia tidak akan keluar rumah begitu banyak. Ketika aku melihatnya, dia melintas, aku melambai dan dia tidak akan melambai kembali," kata Gareth Crites.

Pria berusia 28 tahun itu bertugas hampir lima tahun di Marinir, termasuk sekitar tujuh bulan tugas tempur dari November 2010 hingga Juni 2011 sebagai seorang penembak senapan mesin di Afghanistan. Dia meninggalkan militer pada tahun 2013.

Sheriff Ventura County, Geoff Dean mengatakan bahwa para deputi dipanggil ke rumah Ian Long pada bulan April.

"Dia agak marah, bertindak sedikit tidak rasional," kata Dean.

Para deputi meminta bantuan spesialis kesehatan mental, yang bertemu dengan Long. "Akhirnya diputuskan untuk tidak menahan Long untuk evaluasi atau perawatan," kata Dean.

Pada konferensi pers pada Kamis siang (8/11), FBI mengatakan bahwa terlalu dini untuk berspekulasi tentang motivasi tersangka penembakan.

Asisten direktur FBI untuk daerah Los Angeles, Paul Delacourt menyatakan bahwa mereka akan bekerja dengan penegak hukum lokal, negara bagian dan federal untuk memeriksa bukti, termasuk jejak digital.[wid]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA