Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Hun Sen: Tidak Akan Ada Pangkalan Militer Asing Di Kamboja

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/amelia-fitriani-1'>AMELIA FITRIANI</a>
LAPORAN: AMELIA FITRIANI
  • Senin, 19 November 2018, 15:52 WIB
Hun Sen: Tidak Akan Ada Pangkalan Militer Asing Di Kamboja
Hun Sen/Reuters
rmol news logo Perdana Menteri Kamboja Hun Sen menegaskan bahwa tidak akan pernah ada pangkalan militer asing di negaranya.

Penegasan itu dibuat Hun Sen menyusul adanya laporan media yang menyebut bahwa saat ini China sedang melobi Kamboja untuk membangun sebuah pangkalan angkatan laut di provinsi Koh Kong barat daya.

Media The Asia Times, mengutip sumber dan analis diplomatik yang tidak disebutkan namanya, melaporkan pada hari Kamis pekan lalu (15/11), bahwa Beijing telah melobi Kamboja sejak 2017 untuk membangun pangkalan angkatan laut, yang dapat menjadi tuan rumah frigat, kapal perusak dan kapal-kapal lain dari Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat China.

Namun kabar itu dibantah oleh Hun Sen.

"Apakah Kamboja perlu melanggar konstitusi untuk mengizinkan pangkalan militer asing di wilayah Kamboja?" kata Menteri Informasi Khieu Kanharith mengutip Hun Sen yang mengatakan di Facebook selama pertemuan Kabinet pada Senin (19/11).

"Dengan siapa Kamboja membutuhkan pasukan asing untuk diperangi?," kata Hun Sen, menurut Khieu Kanharith.

"Dan saya tidak perlu orang asing untuk bertempur di wilayah Kamboja seperti di masa lalu, juga tidak memungkinkan Kamboja menjadi tempat untuk ideologi atau percobaan senjata," tambahnya seperti dimuat Reuters. [mel]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA