Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

HRW: Mesir Tangkap 40 Pengacara, Politisi Dan Aktivis HAM

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/amelia-fitriani-1'>AMELIA FITRIANI</a>
LAPORAN: AMELIA FITRIANI
  • Senin, 19 November 2018, 21:49 WIB
HRW: Mesir Tangkap 40 Pengacara, Politisi Dan Aktivis HAM
Protes soal HAM di Mesir/Al Jazeera
rmol news logo Otoritas Mesir telah menangkap setidaknya 40 pengacara, politisi maupun aktivis hak asasi manusia dalam 30 hari terakhir. Mereka ditahan di lokasi yang dirahasiakan.

"Banyak dari mereka yang ditangkap adalah orang-orang yang memberikan bantuan kemanusiaan dan hukum kepada keluarga tahanan politik," begitu bunyi laporan yang dirilis Human Right Watch (HRW) awal pekan ini (Senin, 19/11).

"Penindasan agen keamanan Mesir sekarang meluas untuk menghilangkan para pria dan wanita pemberani yang berusaha melindungi yang hilang," kata wakil direktur HRW untuk kawasan Timur Tengah dan Afrika Utara, Michael Page seperti dimuat Al Jazeera.

Satu sumber mengatakan kepada HRW bahwa sebanyak 80 orang telah ditangkap. Namun HRW baru dapat memverifikasi 40 nama.

Sumbertersebut  mengatakan kepada HRW bahwa beberapa tahanan dekat dengan Koordinasi Mesir untuk Hak dan Kebebasan, yakni sebuah kelompok hak asasi manusia independen mendapat kecaman dari media pro-pemerintah dalam beberapa bulan terakhir.

HRW menyerukan kepada pihak berwenang Mesir untuk segera mengungkap semua keberadaan tahanan serta membebaskannya. [mel]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA