Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ketegangan Dengan Ukraina Meningkat, Rusia Siap Kirim S-400 Ke Krimea

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/amelia-fitriani-1'>AMELIA FITRIANI</a>
LAPORAN: AMELIA FITRIANI
  • Rabu, 28 November 2018, 19:08 WIB
Ketegangan Dengan Ukraina Meningkat, Rusia Siap Kirim S-400 Ke Krimea
S-400 Rusia/Reuters
rmol news logo Rusia berencana untuk menyebarkan lebih banyak lagi sistem rudal tercanggihnya, jenis S-400 ke Krimea di tengah meningkatnya ketegangan dengan Ukraina saat ini.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Langkah Rusia ini diambil karena Ukraina memberlakukan kondisi darurat militer pasca insiden pencegatan dan penangkapan kapal Angkatan Laut Ukraina oleh Rusia di semenanjung Krimea akhir pekan kemarin.

Rusia sendiri diketahui telah mengerahkan S-400 ke Krimea sejak mengambil alih kembali otoritas Krimea pada tahun 2014 lalu. Ketegangan yang meningkat saat ini memicu Rusia untuk mengerahkan lebih banyak S-400 ke Krimea.

Reuters, mengutip kantor berita Rusia, Vadim Astafyev yang merupakan juru bicara distrik militer selatan Rusia, menyebut bahwa sebuah batalion baru rudal S-400 akan dikirim ke Krimea segera dan mulai beroperasi pada akhir tahun ini.

Krimea sudah menjadi tuan rumah tiga batalyon sistem rudal anti-pesawat yang memiliki jangkauan hingga 400 km. Hal ini memungkinkan Rusia untuk mengontrol petak besar langit di atas Laut Hitam.

Pengerahan baru akan memungkinkan Rusia untuk meningkatkan cakupan wilayah pertahanan udara. [mel]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA