Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Dukung Ukraina, G7 Kecam Rusia Soal Insiden Di Selat Kerch

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/amelia-fitriani-1'>AMELIA FITRIANI</a>
LAPORAN: AMELIA FITRIANI
  • Sabtu, 01 Desember 2018, 09:49 WIB
Dukung Ukraina, G7 Kecam Rusia Soal Insiden Di Selat Kerch
G7/Net
rmol news logo Menteri luar negeri dari tujuh kekuatan ekonomi terbesar dunia, yang dikenal sebagai Kelompok Tujuh atau G7 satu suara mengecam tindakan Rusia terhadap Ukraina di Selat Kerch.

G7 sendiri terdiri dari Amerika Serikat, Inggris, Kanada, Prancis, Jerman, Italia, Jepang, dan Perwakilan Tinggi Uni Eropa.

Dalam sebuah pernyataan, G7 menegaskan dukungan tak tergoyahkan mereka untuk kedaulatan Ukraina dan integritas teritorial.

Pernyataan yang dirilis pada pada hari Jumat (30/11) mengatakan bahwa tidak ada pembenaran untuk penggunaan kekuatan militer Rusia terhadap kapal Ukraina dan personel angkatan laut.

"Kami mendesak menahan diri, karena menghormati hukum internasional, dan pencegahan eskalasi lebih lanjut. Kami menyerukan kepada Rusia untuk melepaskan awak dan kapal yang ditahan dan menahan diri dari melanggar hukum melalui Selat Kerch," kata pernyataan itu.

"Kami, G7, sekali lagi menegaskan bahwa kami tidak, dan tidak akan pernah, mengakui aneksasi ilegal Rusia di semenanjung Krimea, dan kami menegaskan kembali dukungan kami yang tak tergoyahkan untuk kedaulatan dan integritas teritorial Ukraina," tambahnya seperti dimuat Al Jazeera. [mel]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA