Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Malam Ini, Peserta BDSC II Diajak Makan Bersama Menlu Retno

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Rabu, 05 Desember 2018, 10:31 WIB
Malam Ini, Peserta BDSC II Diajak Makan Bersama Menlu Retno
Foto: Net
rmol news logo Kementerian Luar Negeri RI kembali menggelar Bali Democracy Students Conference (BDSC) di Nusa Dua, Bali.

BDSC kedua ini akan diadakan pada 6-7 Desember 2018 dengan mengangkat tema “Democracy for Prosperity: Youth Perspectives”.

Sebanyak 150 mahasiswa baik dari dalam maupun luar negeri diundang hadir dalam konferensi ini.

Dalam rangkaiannya, selama dua hari para peserta akan membahas isu-isu demokrasi dan kesejahteraan dari sudut pandang pemuda.

Sebelum itu, malam ini (Rabu, 5/11) pukul 18.30 WITA, dijadwalkan pertemuan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dengan para peserta BDSC di Hotel Courtyard, Bali sekaligus makan malam.

Syarat mahasiswa WNI yang ikut BDSC harus Strata 1, minimal kuliah semester 5 atau Strata 2 dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia dan luar negeri, memiliki ketertarikan pada isu-isu sosial politik, khususnya demokrasi.

Selain itu harus memiliki kemampuan berbahasa Inggris secara lisan maupun tulisan yang baik dengan melampirkan sertifikat TOEFL dengan nilai minimal 500 (atau IELTS dengan nilai minimal 6.0) akan mendapat pertimbangan khusus, aktif dalam organisasi kemahasiswaan atau sosial kemasyarakatan dan aktif di media sosial.

BDSC sendiri merupakan pengembangan dari BDF, yaitu forum internasional antarpemerintah yang diprakarsai Indonesia pada tahun 2008 sebagai kontribusi upaya pemajuan demokrasi, khususnya di kawasan Asia Pasifik.

Menginjak tahun ke-11, BDF telah berkembang dengan adanya pertemuan “BDF Chapter Tunis” di Tunisia (Oktober 2017), “BDF Chapter Berlin” di Jerman (September 2018) dan BDSC II.

BDSC I diselenggarakan pada bulan Desember 2017 lalu di Banten, diikuti oleh 150 mahasiswa baik dari dalam maupun luar negeri. Pertemuan tersebut mengangkat tema “From Campus for Democracy” dan menghasilkan dokumen “Voice of the Youth”. [wid]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA