Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Parlemen Swiss Pilih Presiden Dan Dua Menteri Kabinet

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/amelia-fitriani-1'>AMELIA FITRIANI</a>
LAPORAN: AMELIA FITRIANI
  • Kamis, 06 Desember 2018, 06:43 WIB
Parlemen Swiss Pilih Presiden Dan Dua Menteri Kabinet
Ueli Maurer/CNA
rmol news logo Parlemen Swiss memilih menteri keuangan garis keras negara tersebut, Ueli Maurer, untuk duduk di dalam posisi simbolis, yakni presiden mulai tahun depan.

Pemilihan di parlemen Swiss dilakukan pda hari Rabu (5/12).

Pemilihan Maurer yang merupakan seorang anggota Partai Rakyat Swiss yang berusia 68 tahun, tidak mengejutkan karena merupakan giliran di antara tujuh anggota pemerintah Swiss untuk mengambil posisi kepresidenan bergilir selama satu tahun.

Maurer, yang telah menjadi anggota pemerintah sejak tahun 2009 itu sebelumnya menjabat sebagai menteri pertahanan. Dia juga pernah menjabat sebagai presiden sebelumnya pada tahun 2013.

Dikabarkan Channel News Asia, selain memilih pejabat untuk posisi presiden, parlemen juga memilih dua pejabat untuk duduk di kursi menteri. Dia adalah Viola Amherd dan Karin Keller Sutter. Mereka berdua ditunjuk untuk mengisi dua posisi menteri yang kosong.

Amherd, seorang anggota Partai Demokrat Kristen yang berhaluan tengah, dipilih untuk menggantikan kolega partai dan Menteri Energi Swiss Doris Leuthard, yang mengumumkan pada bulan September ia akan mengundurkan diri setelah 12 tahun di pemerintahan.

Pengacara berusia 56 tahun dari wilayah selatan Wallis itu dengan mudah memenangkan dukungan parlemen, mengumpulkan 148 dari 240 suara yang ada.

Selain itu, para anggota parlemen juga memilih Keller-Sutter dari Partai Liberal kanan-tengah untuk menggantikan kolega partai dan Menteri Ekonomi Johann Schneider-Ammann, yang juga akan pensiun pada akhir Desember setelah menjabat selama delapan tahun di kantor.

Interpreter dan guru sekolah menengah berusia 54 tahun dari wilayah timur laut St. Gallen juga terpilih dengan mudah, memenangkan 154 suara. [mel]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA