Partai Kanselir Jerman Pilih Pemimpin Baru

Jumat, 07 Desember 2018, 12:20 WIB | Laporan: Amelia Fitriani

CDU Jerman/Reuters

Partai Christian Democratic Union (CDU) Jerman akan memutuskan pengganti Angela Merkel di posisi pemimpin partai tersebut pada hari ini (Jumat, 7/12).

Sosok yang terpilih untuk duduk di posisi puncak partai akan bergerak ke posisi terdepan untuk menggantikannya sebagai Kanselir Jerman.

Ada dua kandidat kuat yang kemungkinan akan menggantikan Merkel. Mereka adalah Annegret Kramp-Karrenbauer, anak buah Merkel yang dilihat sebagai kandidat kontinuitas, dan Friedrich Merz, seorang pesaing Merkel yang telah mempertanyakan jaminan konstitusi suaka kepada imigran.

Merkel sendiri pada bulan Oktober lalu mengatakan bahwa dia akan mundur sebagai ketua partai, tapi tetap duduk di kursi kanselir.

Pemimpin CDU baru akan dipilih oleh 1.001 delegasi yang memilih pada pesta kongres di Hamburg. Pemenang dalam pemilihan ketua partai ini kemungkinan akan memimpin CDU dalam pemilihan federal berikutnya yang jatuh tempo pada Oktober 2021.

Sebuah survei yang dikakukan oleh lembaga survei Infratest dimap untuk ARD broadcaster pada hari Kamis (6/12) menunjukkan, 47 persen anggota CDU menyukai Kramp-Karrenbauer dibandingkan dengan 37 persen untuk Merz dan 12 persen untuk Menteri Kesehatan Jens Spahn. [mel]
Tag:

Kolom Komentar


loading