Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Diskusi Panel IORA, Indonesia Ingatkan Jakarta Concord

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Jumat, 07 Desember 2018, 12:28 WIB
Diskusi Panel IORA, Indonesia Ingatkan Jakarta Concord
Foto: RMOL
rmol news logo Diskusi panel tingkat tinggi Indian Ocean Rim Association (IORA) mengisi hari terakhir rangkaian acara Bali Democracy Forum (BDF) ke XI di di Bali Nusa Dua Conference Center (BNDCC).
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

"Kita baru saja tadi memulai High Level Panel untuk menerjemahkan Jakarta Concord dan Plan of Action tahun 2017-2021. Itu hasil dari Summit pertama IORA di Jakarta tahun lalu," ujar Wakil Menteri Luar Negeri Abdurrahman Mohammad Fachir usai diskusi panel dan berfoto bersama para anggota IORA di BNDCC, Jumat (7/11).

Jakarta Concord merupakan hasil pertemuan IORA di Jakarta Conference Center (JCC), pada medio Maret 2017 lalu, yang menghasilkan enam poin yaitu meneguhkan komitmen memajukan keamanan dan keselamatan maritim, meningkatkan kerja sama perdagangan dan investasi.

Di samping itu juga memajukan pengembangan dan pengelolaan perikanan yang berkesinambungan dan bertanggung jawab, memperkuat pengelolaan risiko bencana, memperkuat kerja sama akademis dan ilmu pengetahuan serta memajukan kerja sama di bidang pariwisata dan kebudayaan.

Wamenlu Fachir melanjutkan, Indonesia juga menawarkan pengalaman sebagai negara kepulauan yang memiliki pantai.

"Semua negara IORA itu pasti punya pantai. Dan karena itu masyarakat di pantai lah yang kita jadikan utama yang mengaambil manfaat dari kerjasama ini. Tentu dengan demikian semua anggota juga mengambil manfaat," tutur Fachir.

Pertemuan Tingkat Tinggi IORA ini dihadiri delegasi dari 20 negara anggota yakni, Australia, Bangladesh, Cina, Perancis, Jerman, India, Indonesia, Iran, Madagascar, Malaysia, Mauritius, Seychelles, Singapuea, Somalia, Afrika Selatan, Korea Selatan, Sri Lanka, Tanzania, Thailand dan Amerika Serikat. Total ada 20 negara anggota IORA.

Hadir juga representatif dari Asia Pasific Economic Cooperation (APEC), Pasific Island Forum (PIF) dan Melanesian Spearhead Group (MSG).

IORA merupakan forum regional yang bersifat tripartit dan menghimpun perwakilan dari negara, bisnis, dan akademia, untuk mempromosikan kerja sama dan interaksi erat guna memperkuat kerja sama ekonomi, khususnya memfasilitasi investasi, promosi, dan pembangunan sosial di kawasan. [wid]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA