Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Presiden Ekuador: Ada Jalan Bagi Julian Assange Untuk Keluar Kedubes

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/amelia-fitriani-1'>AMELIA FITRIANI</a>
LAPORAN: AMELIA FITRIANI
  • Jumat, 07 Desember 2018, 18:04 WIB
Presiden Ekuador: Ada Jalan Bagi Julian Assange Untuk Keluar Kedubes
Assange/Reuters
rmol news logo Presiden Ekuador Lenin Moreno mengatakan bahwa Inggris telah memberikan jaminan yang cukup bagi pendiri WikiLeaks, Julian Assange, untuk meninggalkan kedutaan Ekuador di London.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

"Ada jalan bagi Assange untuk mengambil keputusan untuk keluar mendekati kebebasan," kata Moreno dalam wawancara radio lokal, seperti dimuat ulang Reuters.

Dia mencatat bahwa Assange masih menghadapi hukuman penjara di Inggris karena melanggar ketentuan jaminan ketika Assange mencari suaka untuk menghindari diekstradisi ke Swedia, di mana pihak berwenang akan menginterogasinya sebagai bagian dari penyelidikan kekerasan seksual.

Investigasi itu kemudian dibatalkan, tetapi Inggris mengatakan bahwa dia akan ditangkap jika meninggalkan kedutaan.

Namun Moreno mengatakan, hukuman untuk jaminan pada Assange tidak akan lama. Inggris telah memberi tahu Ekuador bahwa waktu penjara Assange tidak akan melebihi enam bulan dan bahwa dia tidak akan menghadapi ekstradisi ke negara tempat dia akan menghadapi hukuman mati.

Namun Assange menolak hal itu dan menegaskan bahwa otoritas Inggris akan menyerahkannya ke Amerika Serikat dan menolak keluar dari kedutaan besar Ekuador. [mel]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA