Selamat Idul Fitri
Selamat Idul Fitri Mobile
Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Relokasi Pangkalan Militer AS Dimulai, Warga Okinawa Suarakan Protes

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/amelia-fitriani-1'>AMELIA FITRIANI</a>
LAPORAN: AMELIA FITRIANI
  • Jumat, 14 Desember 2018, 18:58 WIB
rmol news logo Jepang mulai melakukan reklamasi utama di pangkalan militer Amerika Serikat di pulau selatan Okinawa pekan ini. Langkah tersebut dilakukan untuk relokasi pangkalan militer Amerika Serikat.

Langkah itu memicu protes dan kritik kuat dari gubernur setempat dan warga setempat.
Pekerja konstruksi pada hari Jumat (14/12) mulai membuang satu truk sedimen ke laut di Henoko di pantai timur Okinawa untuk membangun landasan pacu bagi pangkalan Korps Marinir yang akan dipindahkan dari Futenma yang padat penduduk di selatan pulau itu.

Pemerintah pusat di Tokyo telah membatalkan larangan sebelumnya di Okinawa mengenai pekerjaan reklamasi di lokasi tersebut.

Kelompok aktivis lingkungan menolak reklamasi tersebut dan mengatakan bahwa langkah itu akan membahayakan lingkungan karena ada resiko konstruksi karang dan duyung yang terancam punah. Selain itu, langkah tersebut dinilai mengabaikan keinginan lokal untuk memindahkan pangkalan itu dari pulau itu seluruhnya.

"Saya tidak bisa menahan kemarahan yang kuat di awal (reklamasi tanah), yang mengabaikan kehendak orang-orang Okinawa," kata gubernur Okinawa yang baru terpilih, Denny Tamaki, seperti dimuat Al Jazeera. Dia merupakan sosok yang juga menentang pangkalan itu direlokasi di pulau itu.

Diketahui bahwa puluhan ribu orang berunjuk rasa pada bulan Agustus lalu untuk memprotes relokasi yang direncanakan. [mel]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA