Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Protes Serangan Udara, Irak Panggil Dubes Turki

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/amelia-fitriani-1'>AMELIA FITRIANI</a>
LAPORAN: AMELIA FITRIANI
  • Sabtu, 15 Desember 2018, 10:44 WIB
Protes Serangan Udara, Irak Panggil Dubes Turki
Turki/Net
rmol news logo Kementerian Luar Negeri Irak memanggil dutabesar Turki di Baghdad pada Jumat (14/12).

Pemanggilan dilakukan untuk melayangkan protes atas apa yang dianggap Irak sebagai pelanggaran udara berulang, setelah pesawat tempur Turki sebelumnya melakukan serangan terhadap militan Kurdi di Irak utara.

Beberapa jam sebelumnya, militer Turki mengumumkan melalui Twitter telah menewaskan delapan militan dari Partai Pekerja Kurdistan (PKK) yang dilarang dalam serangan udara yang menargetkan daerah Zap, Hakurk dan Haftanin di Irak utara.

Turki secara teratur memang melakukan serangan udara di pangkalan PKK di Irak utara. Serangan itu merupakan langkah yang diperintahkan Presiden Turki Tayyip Erdogan untuk mengakhiri kehadiran kelompok militan di dekat perbatasan Turki. Ankara juga mengancam akan melancarkan serangan darat di Irak utara.

Namun Kementerian Luar Negeri Irak mengatakan serangan udara itu tidak dapat diterima di semua tingkatan dan melanggar kedaulatan dan keamanan warganya.

"Kementerian itu mengecam tindakan pesawat Turki yang melanggar wilayah udara Irak dan menargetkan beberapa situs di Irak utara, yang menyebabkan hilangnya nyawa dan properti," begitu keterangan pihak Kemenlu Irak seperti dimuat Reuters.

PKK sendiri ditetapkan sebagai organisasi teroris oleh Turki, Amerika Serikat dan Uni Eropa. PKK telah melancarkan pemberontakan selama tiga dekade di tenggara Turki yang menewaskan sekitar 40 ribu orang. [mel]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA