Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Seni Budaya Dari Timur Nusantara Meriahkan Indonesian Day Di Beijing

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Minggu, 16 Desember 2018, 20:06 WIB
Seni Budaya Dari Timur Nusantara Meriahkan Indonesian Day Di Beijing
Dubes Djauhari Oratmangun/Dok
rmol news logo Seni dan Budaya serta kekayaan alam dari Timur Indonesia yang mempesona menjadi salah satu daya pikat dan mengundang decak kagum masyarakat internasional.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Hal tersebut menjadi salah satu alasan KBRI Beijing mengangkat tema promosi wilayah timur Indonesia dalam kegiatan Indonesia Day "Cultural Night Gala Dinner: Journey to Hidden Paradise".

Tema tersebut juga selaras dengan program prioritas Pemerintah RI dalam upaya pembangunan wilayah Timur Indonesia. Melalui kegiatan ini, berbagai kalangan masyarakat Tiongkok diharapkan dapat lebih mengenal potensi pariwisata dan ekonomi wilayah Timur Indonesia.

"Tak kenal, maka tak sayang. Dengan pemahaman yang diperkuat melalui people-to-people contact, Indonesia dan Tiongkok akan mendapatkan manfaat dari eratnya persahabatan kedua negara," ungkap Dutabesar RI untuk Tiongkok, Djauhari Oratmangun, dalam pembukaan.
 
Dalam keterangan yang diterima redaksi, kegiatan tersebut juga dihadiri Menteri Pariwisata RI, Arief Yahya sebagai tamu kehormatan, Staf Khusus Menteri Bidang Komunikasi dan Media Kementerian Pariwisata, Don Kardono, dan Ketua Pokja Bidang Percepatan Pembangunan 10 Destinasi Pariwisata Prioritas, Hiramsyah S. Thaib.
 
Dalam sambutannya, Menteri Pariwisata RI Arief Yahya menyampaikan bahwa Indonesia tidak hanya memiliki satu surga Bali, namun memiliki banyak tujuan kunjungan wisata yang menakjubkan lainnya, yaitu ten new Bali.

Arief mengajak agar semua pihak, khususnya industri pariwisata Indonesia-Tiongkok, dapat bekerja sama dan bersinergi dalam mendorong peningkatan turis dari Tiongkok ke Indonesia.
 
Lebih dari 250 undangan hadir dalam Gala Dinner tersebut, yakni Dutabesar dan korps diplomatik negara sahabat, pejabat tinggi Pemerintah RRT, pengusaha ternama, pemuka masyarakat, akademisi, kalangan media, tour operator, travel agent, diaspora Indonesia dan mahasiswa Indonesia.

Dibuka dengan Tari Lenso dari Maluku, persembahan tari-tarian dari daerah Nusa Tenggara Timur, Papua, dan tari Nusantara yang dibawakan tim penari dari Kementerian Pariwisata, Kementerian Pendidikan dan tim tari mahasiswa di Beijing berhasil memukau para hadirin.

Sambil menikmati kelezatan sajian masakan khas Indonesia, para tamu juga dihibur dengan alunan lagu dan musik instrumental Sasando yang dibawakan Yandres Leka, musisi asal Nusa Tenggara Timur.

Di sela-sela pertunjukkan seni budaya, Dubes Djauhari menyerahkan penghargaan Prima Duta Award kepada tiga perusahaan Tiongkok yang telah secara konsisten mendukung penjualan dan promosi produk-produk Indonesia di Tiongkok, yaitu Shanghai Youyijia Food Trading Co. Ltd; United Harvest China Co.Ltd  dan QIngdao CooGreen Co.Ltd.

Di akhir acara, diputar trailer film "Boundless Love" produksi National Energy Resource Group, hasil kolaborasi insan perfilman Indonesia-Tiongkok. Film ini menceritakan kisah kasih pasangan pria Tiongkok, karyawan National Energy Resource Group yang bekerja di kantor perusahaan di Palembang, dengan wanita Indonesia berdarah Batak; dan telah diputar pada 12th Bali International Film Festival di Indonesia dan the 2nd Pingyao International Film Festival di China.

Menutup kemeriahan acara, tari Maumere ditarikan bersama seluruh pengisi acara dan para tamu undangan.

Acara Gala Dinner ini merupakan bagian dari rangkaian Indonesia Day yang menjadi sarana mempertunjukkan keragaman dan kekayaan khasanah budaya wilayah Timur Indonesia.

Untuk itu, area foyer Imperium Ballroom Hotel Four Seasons Beijing dipercantik dengan keindahan kain-kain tenun Indonesia Timur dan lukisan karya Ibu Sih Elsiwi Handayani Oratmangun. Showcase alat musik sasando dan demo menenun kain Tanimbar oleh Mama Elfrada menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung yang datang.
Sementara itu booth kaki lima di sepanjang foyer menampilkan beragam produk Indonesia, promosi Wonderful Indonesia serta Garuda Indonesia juga menarik minat para tamu dan pengunjung yang datang.

Sebelumnya, dalam acara "Indonesia Update on Trade, Tourism and Investment" yang dilaksanakan pada pagi hari di tempat yang sama, Menteri Pariwisata dan Dubes Djauhari juga telah menyaksikan penyerahan LOI antara PT. Jababeka dan ICE Sea Investment, Yunnan. [lov]
 

 

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA