Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jaya Suprana Performing Arts Memukau Warga Thailand

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ruslan-tambak-1'>RUSLAN TAMBAK</a>
LAPORAN: RUSLAN TAMBAK
  • Senin, 17 Desember 2018, 15:59 WIB
Jaya Suprana Performing Arts Memukau Warga Thailand
rmol news logo . Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Bangkok bekerjasama dengan Jaya Suprana School of Performing Arts Jakarta dan Purnomo Yusgiantoro Center (PYC) menyelenggarakan pertunjukan musik dan seni budaya Indonesia tema "Pagelaran Kesenian Nusantara" di Gedung Olah Raga KBRI Bangkok, Thailand, Sabtu (15/12).

Acara ini menutup rangkaian kegiatan diplomasi dan promosi yang sangat padat pada tahun 2018. KBRI Bangkok memberikan apresiasi kepada seluruh mitra di Bangkok yang telah bekerjasama dan mendukung kerja KBRI dalam menjalankan misinya.

Selama pertunjukan yang berlangsung hampir dua jam, 550 undangan dibuat terkagum-kagum oleh sajian musik dan seni yang menggabungkan unsur tradisional nusantara dan modern. Ekspresi keagungan seni budaya klasik Jawa yang terpancar dari Tari Golek Surung Dayung telah membuat suasana hening namun penuh dengan ekspresi kekaguman dari para penonton.

Ekspresi hening penuh kekaguman juga tampak di raut wajah para penonton, ketika Paduan Suara Armonia menyanyikan sejumlah lagu tradisional nusantara melalui dinamika dan harmonisasi yang ciamik dari nada-nada sopran, alto, tenor dan bas. Balutan kain kebaya nusantara dengan warna yang indah semakin menambah keagungan tampilan Paduan Suara Armonia.

Keindahan seni tradisional semakin menyeruak ketika sejumlah kain batik eksklusif karya dan sekaligus koleksi pribadi Iwan Tirta berlambaian mengelilingi panggung dan area penonton dibawa oleh para pragawati senior seperti Sarita dan Eny Soekamto.

Pada episode akhir pertunjukan, para penonton dibuat bergembira dan berjoget bersama oleh penampilan Musik Tradisional Kolintang dari Sulawesi Utara yang membawakan lagu-lagu tradisional rancak, antara lain Maumere sebagai penutup acara.

Acara yang dimulai pukul 19.30 dihadiri sejumlah Duta Besar dan diplomat negara sahabat, anggota International Women's Club (IWC) Bangkok, para pengusaha, dan friends of Indonesia lainnya di Bangkok, serta warga Indonesia termasuk diantaranya mahasiswa Indonesia di Bangkok.

Dalam sambutannya, Dubes Ahmad Rusdi menekankan bahwa melalui pagelaran ini, seni budaya Indonesia yang indah dan beragam lebih dikenal oleh masyarakat di Thailand, baik masyarakat lokal maupun internasional. Bagi warga Indonesia di Bangkok dan sekitarnya, pagelaran ini juga dapat menjadi penawar rindu tanah air, dan lebih memperkuat rasa cinta budaya bangsa khususnya di kalangan generasi muda.

Sementara itu, dalam sambutanya, Jaya Suprana menyampaikan pengalaman pertunjukkan oleh Jaya Suprana Performing Arts di berbagai gedung pertunjukan bergengsi di berbagai negara, seperti Opera House di Sydney. Jaya Suprana juga menunjukkan kepada para hadirin mengenai keindahan musik kolintang, tidak saja untuk memainkan lagu-lagu tradisional Indonesia, tetapi juga lagu-lagu internasional klasik.

Salah satu tamu yang hadir mengatakan bahwa pagelaran ini benar-benar sangat mengesankan karena menggabungkan antara kesenian Indonesia yang tradisional dan sekaligus modern. Diharapkan melalui acara ini, masyarakat internasional akan lebih mengenal Indonesia, yang pada gilirannya akan mendorong mereka untuk berkunjung ke Indonesia. [rus]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA