Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Indonesia Tidak Tinggal Diam Untuk Isu Kemanusiaan Dunia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Selasa, 18 Desember 2018, 22:07 WIB
Indonesia Tidak Tinggal Diam Untuk Isu Kemanusiaan Dunia
Menlu Retno Marsudi/RMOL
rmol news logo Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi memastikan bahwa pemerintah Indonesia tidak berdiam diri menganggapi isu-isu kemanusiaan di dunia.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

"Indonesia tidak pernah berdiam diri dalam menyikapi kondisi dan tantangan kemanusiaan yang berat. Mesin diplomasi kemanusiaan Indonesia terus bergerak," jelasnya dalam Peringatan 19 Tahun Yayasan Kemanusiaan PKPU di Wisma Antara, Gambir, Jakarta, Selasa (18/12). 

Retno mencontohkan isu kemanusiaan akibat perang saudara di Suriah. Di mana, hingga November 2018 telah menyebabkan 5,6 juta orang mengungsi.

Diperkirakan, jika konflik di Suriah berlanjut dan penyelesaian politik tidak segera dilakukan dan tidak membuahkan hasil maka situasi kemanusiaan di negara itu akan terus memburuk.
 
Pemerintah juga tidak tinggal diam atas penjajahan Israel di Tanah Palestina.

"Kita lihat 2018 sekitar dua juta orang di Gaza terisolasi karena kebijakan blokade Israel. Kondisi kemanusiaan di Gaza sangat memprihatinkan, dan kita tahu bahwa ke depan situasi di Gaza masih terus memprihatinkan," jelasnya.

Begitu juga dengan di Myanmar. Di mana, repatriasi dari Cox's Bazar ke Rakhine State yang tidak dapat dilakukan maka bukan saja situasi kemanusiaan semakin memburuk namun juga dapat berakibat terhadap instabilitas kawasan.

"Di Rakhine State sekitar satu juta pengungsi masih belum dapat kembali. Mereka harus mengungsi dari Rakhine State ke Cox's Bazar, Bangladesh," tutur Retno.

"Dan kalau kita lihat secara global, pada tahun 2017 terdapat 68,5 juta orang yang harus mengungsi karena situasi politik dan keamanan di negara mereka masing-masing," jelasnya. [wah]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA