Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jubir: UUD Tiongkok Jamin Kebebasan Beragama Warganya, Termasuk Muslim Uighur

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Kamis, 20 Desember 2018, 07:38 WIB
Jubir: UUD Tiongkok Jamin Kebebasan Beragama Warganya, Termasuk Muslim Uighur
Foto: Net
rmol news logo Pemerintah Republik Rakyat Tiongkok menepis tudingan dunia telah menahan apalagi menyiksa jutaan muslim suku Uighur di Xinjiang.

"Pemerintah Tiongkok, berdasarkan peraturan dan perundang-undangan, memberikan perlindungan kepada setiap warga negaranya, termasuk muslim suku Uighur di Xinjiang untuk menjalankan kebebasan beragama dan kepercayaan," kata Jurubicara Kedutaan Besar RRT, Xu Hangtian dalam keterangannya di Jakarta, Kamis (20/12).

Sebab, tegas Xu, hak-hak kebebasan beragama dan kepercayaan warga negara Tiongkok dijamin UUD.

Xu pun menerangkan, ada 10 suku di Xinjiang, termasuk suku Uighur yang mayoritas menganut agama Islam, dengan jumlah penduduk sekitar 14 juta.

Di wilayah ini terdapat 24,4 ribu unit masjid atau 70 persen dari total masjid di seluruh Tiongkok. Jumlah ulamanya 29 ribu orang atau sekitar 51 persen dari total di seluruh negara.  

Selain itu, lanjut Xu, 103 ormas agama Islam di Xinjiang mengambil porsi 92 persen dari seluruh ormas agama di bagian utara Tiongkok tersebut. Didirikan pula beberapa pesantren dan madrasah.

Bahkan setiap tahun, menurut Xu, pemerintah lokal menfasilitasi ribuan muslim menunaikan ibadah haji ke Mekkah dengan menggunakan charter flight lengkap dengan staf dokter, tukang masak, pemandu, penerjemah dan sebagainya untuk memberikan layanan sepanjang perjalanan.  

Kitab suci Alquran dan serangkaian koleksi dari Al-Sahih Muhammad Ibn-Ismail al-Bukhari juga telah diterjemahkan dan dipublikasikan dalam bahasa Mandarin, Uighur, Kazak, Kirgiz dan bahasa lainnya di Tiongkok.[wid]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA