Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Filipina Dan Kepulauan Talaud Diguncang Gempa 7,1 SR

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/mega-simarmata-1'>MEGA SIMARMATA</a>
LAPORAN: MEGA SIMARMATA
  • Sabtu, 29 Desember 2018, 18:34 WIB
Filipina Dan Kepulauan Talaud Diguncang Gempa 7,1 SR
Foto/Net
rmol news logo Gempa berkekuatan 7,1 skala richter mengguncang Filipina bagian tenggara, Sabtu (29/12). Epicenter gempa yang terjadi pukul 10.39 itu terletak pada koordinat 5,85 LU dan 126,81 BT tepatnya di laut pada jarak 201 km arah timur laut Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara pada kedalaman 69 Km.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Ditinjau lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya tampak bahwa gempa dipicu oleh aktivitas subduksi Lempeng Laut Filipina yang menghujam ke bawah Pulau Mindanao, Filipina.

Gempa dirasakan di Provinsi Davao Oriental dan Davao Ocidental, Filipina dalam skala intensitas V MMI.

Gempa juga dilaporkan masyarakat dirasakan di wilayah Indonesia seperti di Melonguane Kepulauan Talaud dalam skala intensitas IV MMI, Tahuna, Kep. Sangihe intensitas III-IV MMI, Siau Sitaro, Tobelo, Morotai intensitas III MMI, sedangkan Manado, Ternate, Jailolo intensitas II MMI.

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG RAHMAT TRIYONO, S.T., Dipl. Seis, M.Sc. menghimbau kepada masyarakat Kepulauan Sangihe dan Talaud dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpancing isu yang tidak bertanggungjawab, karena gempa ini tidak berpotensi tsunami di wilayah Indonesia.[dem]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA