Sembilan Calon Presiden 2024
Sembilan Calon Presiden 2024
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Nirvana Gugat Marc Jacobs Terkait Hak Cipta

LAPORAN: AMELIA FITRIANI
  • Kamis, 03 Januari 2019, 21:12 WIB
Nirvana Gugat Marc Jacobs Terkait Hak Cipta
Koleksi kaus Marc Jacobs Vs koleksi kaus Nirvana/The Guardian
Band legendaris dunia, Nirvana menuntut merk fashion ternama Marc Jacobs atas pelanggaran hak cipta. Gugatan ini dilayangkan berkaitan dengan koleksi terbaru Marc Jacobs yang menampilkan beberapa item yang menyerupai ikonografi hitam-kuning khas Nirvana.

Dikabarkan The Guardian (Kamis, 3/1), perwakilan untuk grup tersebut, yang berpisah pada tahun 1994 setelah kematian pentolan Kurt Cobain, mengklaim bahwa penggunaan tidak sah oleh Marc Jacobs atas gambar hak cipta Nirvana untuk mempromosikan produknya adalah tindakan yang disengaja.

Gugatan mengklaim bahwa penggunaan ikonografi Nirvana, yang telah digunakan kelompok itu sejak 1992, adalah untuk membuat hubungan 'Grunge' dengan koleksi lebih otentik.

Gugatan itu juga mengutip penggunaan referensi Nirvana dalam materi pemasaran Marc Jacobs, termasuk meme yang diposting ke akun merek Tumblr yang menampilkan klip hit kelompok tahun 1991, Smells Like Teen Spirit, dan gambar Jacobs mengenakan kaus di atas kata Come As You Are, judul lagu Nirvana yang dirilis tahun 1992.

Gugatan tersebut menggambarkan tindakan Marc Jacobs sebagai hal yang menindas, menipu dan jahat. Gugatan itu juga mengklaim bahwa mereka telah menyebabkan Nirvana menderita cedera yang tidak dapat diperbaiki dan mengancam untuk melemahkan nilai lisensi Nirvana dengan lisensi untuk produk pakaian. [mel]

ARTIKEL LAINNYA