Raja Baru Malaysia Dipilih Akhir Bulan Ini

Senin, 07 Januari 2019, 20:39 WIB | Laporan: Amelia Fitriani

Sultan Muhammad V/Net

Dewan Penguasa Malaysia akan bertemu pada 24 Januari mendatang untuk memilih raja dan wakil baru.

Begitu keteranjgan yang disampaikan oleh Penjaga Segel Penguasa, Syed Danial Syed Ahmad, pada hari ini (Senin, 7/1). Raja baru Malaysia tersebut kemudian akan dilantik pada 31 Januari mendatang.

Syed Danial mengatakan, tanggal itu diputuskan oleh para penguasa selama pertemuan mereka di Istana Negara pada Senin pagi tadi.

Pertemuan tersebut dihadiri oleh para penguasa Terengganu, Perlis, Negeri Sembilan, Johor, Perak dan Kedah.

Pertemuan itu diadakan setelah langkah Sultan Muhammad V untuk mundur sebagai Raja Malaysia pada hari Minggu (6/1). Dia adalah raja pertama di Malaysia yang memilih turun takhta setelah dua tahun berkuasa.

Dalam sistem monarki konstitusional Malaysia, pemilihan raja diadakan secara rotasi setiap lima tahun. Pemungutan suara harus diadakan dalam waktu empat minggu dari posisi kosong.

Raja mengambil peran seremonial di Malaysia, termasuk bertindak sebagai pemelihara Islam di negara mayoritas Muslim. Persetujuan raja juga diperlukan untuk penunjukan perdana menteri dan berbagai pejabat senior.

Menurut rotasi di tempat, Sultan Pahang akan menjadi yang berikutnya dan kemudian diikuti oleh Sultan Johor.

Namun, suksesi mungkin tidak semudah itu. Channel News Asia memuat, Sultan Ahmad Shah dari negara bagian Pahang, sudah lanjut usia dan dilaporkan sakit. Pejabat kerajaan mengatakan dia tidak menghadiri pertemuan hari ini karena kesehatannya buruk. [mel]
Tag:

Kolom Komentar