Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Presiden Bank Dunia Mengundurkan Diri

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ade-mulyana-1'>ADE MULYANA</a>
LAPORAN: ADE MULYANA
  • Selasa, 08 Januari 2019, 09:20 WIB
Presiden Bank Dunia Mengundurkan Diri
Jimyong Kim/Net
rmol news logo Masih ada tiga tahun lagi untuk masa jabatannya. Tetapi Jimyong Kim memutuskan untuk mengundurkan diri dari posisi Presiden Bank Dunia yang didudukinya sejak 2012. Pengunduran diri itu akan berlaku efektif sejak 1 Februari mendatang.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

“Saya akan mengundurkan diri sebaga Presiden Bank Dunia Grup pada 1 Februari. Merupakan sebuah kemewahan yang besar yang dapat saya bayangkan memimpin staf yang berdedikasi di institusi yang besar ini untuk membawa kita semakin dekat pada dunia yang pada akhrinya bebas dari kemiskinan,” tulis Kim dalam akun twitter pribadinya, @JimYongKim, beberapa jam lalu.

Menurut situs resmi Bank Dunia, setelah mengundurkan diri Jim akan bergabung dengan sebuah perusahaan dan fokus untuk menciptakan investasi infrastruktur di negara berkembang. Tidak dijelaskan lebih jelas mengenai hal ini.

Pengunduran diri Kim yang tiba-tiba ini memunculkan berbagai spekulasi. Tidak hanya mengenai siapa yang akan menggantikan Jim, melainkan bagaimana proses pemilihan gubernur Bank Dunia berikutnya akan dilakukan.

Selama berpuluh tahun, Gedung Putih memiliki kekuasaan besar untuk menentukan figur yang duduk di posisi ini. Tetapi tidak sedikit analis yang kini meragukan hal itu di saat Amerika Serikat dipimpin oleh Donald Trump yang dinilai skeptikal terhadap multilateralisme.

Kim terpilih kembali menjadi Presiden Bank Dunia pada tahun 2016 untuk priode kedua. Ia adalah warganegara keturunan Korea. Sebelum berkarier di Bank Dunia, Kim pernah bekerja untuk WHO, dan Harvard Medical School. Di tahun 2009, Kim menjadi pemimpin Dartmouth College.  [dem]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA