Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Brazil Resmi Hengkang Dari Pakta Migrasi PBB?

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/amelia-fitriani-1'>AMELIA FITRIANI</a>
LAPORAN: AMELIA FITRIANI
  • Rabu, 09 Januari 2019, 13:47 WIB
Brazil Resmi Hengkang Dari Pakta Migrasi PBB?
Ernesto Araujo/Reuters
rmol news logo Brazil bergabung dengan Amerika Serikat sebagai negara yang menarik diri dari pakta PBB tentang migrasi.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Begitu kabar yang disampaikan seorang diplomat anonim Brazil, seperti dimuat Reuters pada hari ini (Rabu, 9/1). Dia menyebut bahwa Brasil telah secara resmi meninggalkan pakta tersebut.

Menteri Luar Negeri Brasil Ernesto Araujo bulan lalu pernah mengatakan bahwa dia akan membawa Brazil keluar dari pakta tersebut. Namun hingga saat ini belum ada pernyataan resmi soal hengkangnya Brazil dari perjanjian itu.

Araujo mengatakan, perjanjian internasional tersebut adalah instrumen yang tidak pantas untuk menangani masalah ini dan negara-negara harusnya menetapkan kebijakan mereka sendiri.

Araujo menambahkan, Brazil akan terus menerima pengungsi dari negara tetangganya, Venezuela, tetapi poin mendasarnya adalah memulihkan demokrasi di negara itu.

Pakta migrasi PBB itu sendiri dibuat setelah rekor 21,3 juta pengungsi tercatat di seluruh dunia. PBB mulai mengerjakan perjanjian yang tidak mengikat setelah lebih dari 1 juta orang tiba di Eropa pada 2015, banyak yang melarikan diri dari perang saudara di Suriah dan kemiskinan di Afrika.

Kesepakatan itu membahas masalah-masalah seperti bagaimana melindungi para migran, mengintegrasikan mereka dan mengirim mereka pulang. Pakta itu telah dikritik oleh kebanyakan politisi Eropa sayap kanan yang mengatakan bahwa perjanjian hanya akan meningkatkan imigrasi.

Semua 193 anggota PBB kecuali Amerika Serikat menyetujui pakta PBB itu pada Juji 2018 lalu. Namun hanya 164 negara, termasuk Brasil, yang secara resmi meratifikasinya. [mel]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA