Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Menlu AS Kunjungi Irak Bahas Kekalahan ISIS

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/amelia-fitriani-1'>AMELIA FITRIANI</a>
LAPORAN: AMELIA FITRIANI
  • Rabu, 09 Januari 2019, 20:49 WIB
Menlu AS Kunjungi Irak Bahas Kekalahan ISIS
Pompeo di Irak/Reuters
rmol news logo Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Mike Pompeo bertemu pasukan Amerika dan para pemimpin politik di Irak di Baghdad pada hari Rabu (9/1).
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Pertemuan itu dilakukan untuk meyakinkan mereka tentang penarikan militer Amerika Serikat dari Suriah dan memperingatkan bahwa musuh bebuyutan Washington, yakni Iran, tetap menjadi ancaman keamanan regional.

Kunjungan Pompeo ke Irak ini dilakukan setelah ketegangan antara Washington dan Teheran kembali memuncak setelah pemerintahan Presiden Amerika Serikat Donald Trump menerapkan kembali sanksi dan berusaha untuk mengerahkan sekutu Arab untuk melawan Iran.

Di Baghdad, Pompeo bertemu Perdana Menteri Irak Adel Abdul Mahdi, Menteri Luar Negeri Mohammed al-Hakim, Ketua Parlemen Mohammed al-Halbousi dan Presiden Barham Salih.

Dikabarkan Reuters, sebuah pernyataan Departemen Luar Negeri mengatakan Pompeo telah menggarisbawahi komitmen Amerika Serikat terhadap kedaulatan Irak dan membahas kekalahan teritorial ISIS di Suriah baru-baru ini serta kelanjutan kerja sama dengan pasukan Irak.

Amerika Serikat sendiri diketahui memiliki lebih dari 5.200 tentara di Irak sejak lebih dari 15 tahun setelah invasi ke negara itu pada tahun 2003 yang menggulingkan Saddam Hussein. Militer Amerika Serikat mendukung Irak dalam melawan kelompok militan ISIS pada tahun 2017 dengan serangan udara dan pasukan khusus. [mel]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA