Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kalah Di Pilpres, Oposisi Kongo: Ini Kudeta

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/amelia-fitriani-1'>AMELIA FITRIANI</a>
LAPORAN: AMELIA FITRIANI
  • Kamis, 10 Januari 2019, 20:49 WIB
Kalah Di Pilpres, Oposisi Kongo: Ini Kudeta
Pemilu di Kongo/Reuters
rmol news logo Komisi Pemilihan Umum Kongo atau CENI mengumumkan pada hari ini (Kamis, 10/1), bahwa pemimpin oposisi Felix Tshisekedi merupakan pemenang pemilu presiden yang digelar akhir Desember lalu. Dia berhasil menyisihkan kandidat oposisi lainnya, pengusaha Martin Fayulu.

Pengumuman tersebut mengejutkan, mengingat jajak pendapat pra-pemilihan menunjukkan bahwa pengusaha Martin Fayulu unggul dalam pemilu.

Fayulu menyebut hasilnya manipulatif dan merupakan bentuk kudeta pemilihan yang dirancang oleh Presiden Joseph Kabila yang akan keluar.

Sementara itu, seperti dimuat Reuters, Perancis menilai bahwa hasilnya bertentangan dengan penghitungan yang diberikan oleh pengamat dari Gereja Katolik. Perhitungan itu juga menunjukkan kemenangan Fayulu.

Di depan umum, gereja mengatakan penghitungannya tidak sesuai dengan hasil resmi.

Kubu Faluyu yang geram akan hasil pemilu itu mengatakan bahwa Tshisekedi menang dengan memotong kesepakatan pembagian kekuasaan dengan Kabila. Hal tersebut dinilai bisa mengaburkan apa yang dimaksudkan sebagai transfer kekuasaan demokratis pertama Kongo dalam 59 tahun kemerdekaan.

Kamp Tshisekedi sendiri telah mengakui kontak dengan perwakilan Kabila sejak pemilihan tetapi mengatakan mereka bertujuan untuk memastikan transisi yang damai dan menolak kesepakatan. [mel]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA