PM Jepang: Dunia Ingin Inggris Hindari Brexit Tanpa Kesepakatan

Jumat, 11 Januari 2019, 07:48 WIB | Laporan: Amelia Fitriani

Shinzo Abe/Net

Seluruh dunia ingin Inggris menghindari Brexit tanpa kesepakatan. Begitu kata Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe, pasca bertemu Perdana Menteri Inggris Theresa May (Kamis, 10/1).

Abe menekankan bahwa Jepang menjanjikan dukungan total untuk perjanjian penarikan yang telah dinegosiasika Inggris dengan Uni Eropa, yang menghadapi suara krisis di parlemen Inggris untuk mendapat persetujuan.

"Adalah keinginan kuat Jepang untuk lebih mengembangkan kemitraan kuat ini dengan Inggris, untuk berinvestasi lebih banyak ke negara Anda dan menikmati pertumbuhan ekonomi lebih lanjut dengan Inggris," kata Abe seperti simuat BBC.

"Itulah sebabnya kami benar-benar berharap bahwa Brexit yang tidak setuju akan dihindari, dan pada kenyataannya itulah harapan seluruh dunia," tambahnya.

"Jepang sepenuhnya mendukung rancangan perjanjian penarikan yang dilakukan antara Uni Eropa dan Perdana Menteri Mei, yang menyediakan transisi untuk memastikan stabilitas hukum bagi bisnis yang telah berinvestasi ke negara ini." tegas Abe.

Pernyataan Abe ini dikeluarkan setelah Honda Inggris mengalami hari keenam tutup pasca Brexit.

Raksasa mobil milik Jepang itu mengatakan langkah itu dilakukan memastikannya bisa menyesuaikan diri dengan semua hasil yang mungkin disebabkan oleh masalah logistik dan perbatasan. [mel]

Kolom Komentar